in

Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Penyebab Smartphone Mudah Rusak!

CakapCakap – Jika ditanya tentang pentingnya smartphone bagi Cakap People maka apa jawabnya? Tentu saat ini smartphone memegang peranan yang terbilang penting. Sebab, hampir semua kegiatan bisa dilakukan melalui telepon pintar ini. Kegunaan smartphone pun tak hanya terbatas dapat digunakan untuk bertukar kabar semata. Melainkan bisa juga untuk memantau pekerjaan hingga membeli barang-barang kesayangan.

Maka dari itu tak heran jika mayoritas orang akan panik setengah mati saat smartphone mereka rusak. Mungkin kamu salah satunya? Ternyata smartphone rusak pasti memiliki sebab. Terkadang penyebab itu tak kamu sadari sama sekali namun sering dilakukan. Setidaknya terdapat 5 kebiasaan sering dilakukan pemilik smartphone yang membuatnya cepat rusak! Berikut daftarnya.

1. Menyimpan Foto dan Video dalam Jumlah Banyak

Foto dan video yang terlalu banyak via Review.bukalapak.com

Bukan rahasia lagi jika smartphone termasuk benda yang dapat mengabadikan tiap momen yang kita lalui. Namun, perlu kamu ketahui jika smartphone juga memiliki kapasitas ruang. Sehingga tak baik untuk menyimpan foto atau video dalam jumlah banyak di sana. Jika album galeri sudah terlampau penuh, maka foto dan video pasti memerlukan banyak waktu untuk dapat dibaca oleh smartphone. Bahkan, RAM akan bekerja dengan sangat keras. Guna menyiasati hal tersebut maka kamu dapat memakai aplikasi dari Google Photos guna menampung seluruh foto dan video milikmu.

2. Mengecas Sembari Mengoperasikannya

Mengecas sambil mengoperasikan smartphone via Tokopedia.com

Coba siapa saja di antara kamu yang sering melakukan kebiasaan berikut? Nyatanya kebiasaan ini malah akan membuat usia baterai tak panjang lho! Umumnya smartphone hanya memerlukan waktu 1 hingga 2 jam saja dalam melakukan pengisian ulang baterai. Namun, waktu tersebut baru akan berlaku jika kamu tak memainkannya. Selain itu, hindari mengecas baterai smartphone dengan waktu yang berlebihan.

3. Tak peduli terhadap RAM

Mengecek kapasitas RAM via Wahteknologi.blogspot.com

Sudah sadar jika RAM smartphone terbatas tapi kamu masih nekad memakainya untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang berat? Maka jangan heran jika smartphone akan mudah rusak. Sebab, bagaimana pun juga smartphone memerlukan RAM yang longgar guna menjalankan sistem di belakang  layar.

4. Membiarkan Cache

Hapus berkas sampah via Firezza.blogspot.com

Apa itu cache? Ia merupakan berkas sampah yang lahir akibat penggunaan aplikasi hingga web tertentu. Apabila cache ini dibiarkan menumpuk, maka ia bisa mengganggu kinerja dari smartphone kamu. Oleh karena itu, bersihkan dengan cara membuka Setting – Storage – Cache Data – kemudian hapus cache.

5. Sering Mengabaikan Memori Internal

Memerhatikan memori internal via Youtube.com

Smartphone tak bisa dipisahkan dari yang namanya memori internal. Sebab, memori merupakan tempat penyimpanan via perangkat. Terkadang, memori internal ini cepat sekali penuh lantaran kamu memaksakan memasang aplikasi dengan ukuran terbilang besar. Apabila kamu sering mengabaikan kapasitas memori internal ini maka bisa-bisa smartphone jadi mati sendiri hingga error. Smartphone memerlukan space bebas guna mengoperasikan sistem yang berjalan di belakang latar. Jadi kamu dianjurkan untuk menyisakan ruang sebanyak 1GB atau 2GB.

Nah, setelah tahu kebiasaan-kebiasaan tersebut agaknya mulai hindari melakukannya ya Cakap People. Sebab, walau terkesan sepele namun nyatanya kebiasaan tersebut menyumbang peranan besar terhadap tingkat keawetan smartphone kamu. Dibanding harus membuatnya rusak lebih baik hindari melakukan hal-hal di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Hilangkan Kantung Mata dengan Minyak Zaitun, Begini Caranya!

Ini Smartphone Pertama di Dunia dengan RAM 10 GB, Produksi Xiaomi!