in

Tahukah Kamu Meteorid Bisa Mengungkap Fakta Kehidupan?

CakapCakap – Meteorid adalah benda angkasa yang menabrak orbit bumi, dan beruntung bisa masuk ke area permukaan bumi setelah melalui gesekan yang keras dengan orbit. Meteorid yang jatuh selalu menjadi pembicaraan dunia, karena menjadi penemuan bersejarah akan kehidupan tata surya kita. Lalu apakah Meteorid hanyalah benda mati saja? Apakah Cakap People penasaran dengan apa yang sebenarnya dilakukan ketika ada benda langit jatuh di permukaan bumi? 

Meteorid yang Masih di Ruang Angkasa
http://img.schoolido.education/th/1280×720/mediabank/ec/1361.jpg

Tahukah kamu setiap benda langit yang jatuh selalu menjadi obyek penelitian yang baru? Tentunya dengan berbagai macam ilmu pengetahuan yang semakin kompleks, dunia bisa mengetahui fakta-fakta mengejutkan tentang kehidupan dari benda yang pada dasarnya hanya sebuah batu tersebut. Misalnya dengan penemuan terbaru, yakni bebatuan yang terbentuk selama kelahiran tata surya (45 Miliar tahun yang lalu), para peneliti bisa memahami bagaimana bumi terbentuk. Temuan yang sama juga bisa mengidentifikasi kemungkinan atau potensi kehidupan di planet lain.

Dari penelitian, para ahli mengidentifikasi bahan organik penting yang ternyata sudah terbentuk sejak awal tata surya. Caranya mudah, mereka bisa menemukan “sidik jari” dari unsur-unsur kecil yang menempel di batuan tersebut, mulai dari kandungan karbon, hidrogen, oksigen, belerang, dan bahkan juga nitrogen. Kesemuanya merupakan pusat dari awal mula kehidupan bukan? Identifikasi ini mengeluarkan anggapan bahwa ada persebaran senyawa yang sama di berbagai meteorid di berbagai penjuru tata surya, karena pembentukan semua unsur tersebut pasti sangat mudah pada periode awal tata surya terbentuk.

Meteroid di Nambia
https://static.panoramio.com.storage.googleapis.com/photos/large/7134125.jpg

Para Ilmuwan yang sangat rajin dalam proses penelitian ini adalah para pakar yang datang dari University of Manchaster. Mereka menyebutkan bahwa bumi adalah planet yang dinamis, sehingga proses yang terjadi di permukaan bumi termasuk pergerakan lempeng tektonik dan erosi, telah menghapus banyak sekali catatan awal mula Bumi.

Dengan penelitian yang dilakukan terhadap obyek meteorid kuno, mereka bisa menemukan fakta tentang bumi yang diambil dari data-data perbentukan tata surya. Selama bertahun-tahun, peneliti mengumpulkan serangkaian petunjung tentang bagaimana kehidupan terbentuk. Hal ini dilihat dari beberapa sumber yang berkaitan, yakni komposisi Matahari, asteroid, dan planet terestrial. Keberadaan bumi ini ternyata menarik, sebuah planet yang terbentuk dari kekuatan antarbintang, di masa lampau.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Keren! Perpustakaan Kayu Terbesar di Dunia Ternyata ada di Indonesia, Loh!

Ternyata Otak Perempuan ‘Lebih Muda’ dan ‘Sehat Lebih Lama’ Dibanding Lelaki. Penasaran?