in

Menghantam Asteroid, inilah Skenario NASA untuk Selamatkan Bumi

CakapCakap – Cakap Peopletanpa banyak kita sadari, benda-benda luar angkasa adalah benda yang liar dan ganas. Sewaktu-waktu jika tidak terkendali, benda-benda tersebut bisa saling hantam dan bertabrakan.

Inilah kemungkinan besar yang akan menjadi konsentrasi Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA), yang berupaya untuk melindungi bumi dari asteroid. NASA menyelenggarakan uji coba atau eksperimen berupa proyek perlindungan bumi, yaitu Double Asteroid Redirection Test (DART). Aksi yang akan dilakukan adalah menabrakkan pesawat antariksa dengan kecepatan 6 km per detik, ke arah asteroid.

NASA mencegah hantaman Asteroid ke Bumi
https://cdn.inquisitr.com/wp-content/uploads/2017/07/NASA-Dart-asteroid-deflection-Earth.jpg

DART menjadi proyek yang tidak sejalan dengan program NASA biasanya, yakni mempelajari atau bereksperimen terhadap tata surya. Hal ini menyusul para ahli luar angkasa yang sudah mengeluarkan kemungkinan tabrakan asteroid dan bumi, yang nantinya akan membawa malapetaka bagi manusia. Pengalaman bumi ini yang pernah ditabrak oleh asteroid pada zaman dinosaurus, mengakibatkan adanya kepunahan masal dan memicu munculnya zaman es. Tidak bisa dibayangkan bagaimana akibat dari tabrakan asteroid yang akan terjadi di masa sekarang, ketika populasi manusia sudah memenuhi seluruh penjuru bumi.

DART akan meluncurkan pesawat antariksa untuk ditabrakkan ke asteroid pada Juni 2021. Setelah itu, proses tabrakan akan terjadi pada bulan Oktober, satu tahun setelahnya. Waktu yang dipilih ini sudah cukup dini, melihat prediksi jarak terdekat asteroid ke bumi (hampir bertabrakan) akan terjadi pada 15 tahun setelah 2021. Artinya, eksperimen yang akan dilakukan sudah cukup dini, sehingga ada proses pembelajaran dan pencegahan dari awal. NASA ingin meminimalkan atau bahkan menghilangkan kemungkinan tabrakan yang bisa menimbulkan malapetaka di bumi.

Eksperimen DART Asteroid NASA
https://allthatsinteresting.com/wordpress/wp-content/uploads/2017/07/dart-asteroid.jpg

Dalam tes tersebut, rencananya pesawat NASA akan menghantam asteroid bernama Didymos. Hantaman yang dilakukan bertujuan untuk mengubah arah laju asteroid tersebut, agar bisa menjauhi bumi. NASA menyebutkan bahwa tabrakan yang akan dilakukan tidak akan memberikan ancaman bagi bumi. Kru DART dan NASA hanya ingin melihat reaksi asteroid yang merespon adanya tabrakan pesawat NASA. Apakah Cakap People tahu pesawat seperti apa yang akan dihantamkan? Yuk cerita!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

3 Olahraga Ini Jadi Rahasia Bugar Ala Pevita Pearce, Mau Coba?

Berikut Tips Mudah Ciptakan Efek Bokeh pada Smartphone Tanpa Aplikasi!