in

Smartphone Xiaomi Murah? Ini yang Kamu Tidak Ketahui

CakapCakap – Pasar pengguna smartphone di dunia memang mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Cakap People pun pasti memiliki ponsel cerdas, bahkan tidak sedikit yang memiliki dua hingga tiga perangkat dengan fungsi yang berbeda-beda dalam membantu aktivitasnya sehari-hari. Bagi produsen yang mampu memanfaatkan pertumbuhan pasar smartphone ini, maka mereka pun bisa meraup keuntungan besar. Salah satunya, tentu saja perusahaan asal Cina, Xiaomi.

Meskipun sempat dianggap remeh ketika dibandingkan dengan produsen smartphone Asia lainnya, seperti Samsung hingga Oppo, apalagi diadu dengan kekuatan Apple dari Amerika Serikat, namun pelan tapi pasti Xiaomi berhasil mencuri celah pasar dari pabrikan-pabrikan tersebut. Harga yang jauh lebih murah menjadi salah satu keunggulan mereka dalam memenangkan pasar. Tapi, tahukah kamu mengapa harga smartphone Xiaomi bisa lebih murah, bahkan jika dibanding produk Cina lain?

Tampilan aplikasi MIUI pada smartphone Xiaomi yang bisa memuat iklan via Jalan Tikus.

Menurut laman Okezone.com, ternyata Xiaomi mencari sumber pendapatan lain melalui iklan pada aplikasi MIUI milik mereka yang dipakai di semua produk keluaran perusahaan ini. Oleh karena itu, baru-baru ini Xiaomi pun bisa menjamin mereka tak punya rencana untuk meningkatkan biaya unit produk smartphone-nya, meski laba bersihnya hanya sekitar 5 persen. “Iklan telah dan akan terus jadi bagian integral dari layanan Xiaomi, komponen kunci dari bisnis perusahaan,” kata pihak Xiaomi.

Xiaomi memang bisa dibilang sangat berani dalam berperang harga dengan para pesaingnya. Salah satunya seperti ketika mereka meluncurkan produk terbarunya, Poco F1 belum lama ini. BBC.com pun mengakui bahwa spesifikasi smartphone tersebut bisa menandingi Samsung Galaxy Note 9 yang juga baru diluncurkan, namun dengan harga yang jauh lebih murah. Makanya, para pengamat pun menyebut produk Xiaomi ini bisa memaksa para pesaing untuk menyesuaikan harga produk mereka.

“[Dilengkapi] prosesor Qualcomm terbaik yang bisa didapatkan saat ini, sementara pada dasarnya harganya sekitar setengah dari harga sejumlah pesaingnya,” tulis redaktur situs gadget Pocket-lint, Mike Lowe dalam ulasannya setelah menguji Poco F1. Salah satu strategi Xiaomi agar lebih murah, dengan membuat penyesuaian pada desain. Nah, ada Cakap People yang juga memakai Xiaomi? [ED/RM]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Hindari! Jangan Langsung Mandi Setelah Olahraga

Ternyata Perut Ramping Dipengaruhi oleh Cara Berjalan Sebagai Olahraga