in

Simpan Ponsel Kamu Saat Berbelanja Jika Tak Ingin Pengeluaran Membengkak

CakapCakap – Saat seseorang berbelanja di supermarket atau toko retail sambil memainkan ponselnya, jumlah item belanjaan cenderung meningkat dari yang sudah direncanakan. Demikian menurut penelitian.

Menggunakan ponsel saat berada di supermarket meningkatkan rata-rata pengeluaran pelanggan sebesar 41%, menurut penelitian baru.

Melansir Sky News, Kamis, 23 Mei 2019, sebuah analisis dari Bath University terhadap dua penelitian Swedia menemukan bahwa pengguna ponsel membutuhkan waktu lebih lama untuk berjalan di sekitar toko, dengan setiap detik dihabiskan di telepon atau di media sosial, pengeluaran belanja mereka bisa bertambah sekitar 20-40 poundsterling (Rp360.000-720.000) saat membayar di kasir.

Pembeli dalam satu studi menambahkan 45% lebih banyak item belanjaan ke keranjang mereka saat menggunakan ponsel, sementara mereka yang mengambil bagian dalam studi kedua menambahkan 58% lebih banyak.

Pada dua penelitian itu, digunakan eye-tracking glasses (kacamata pelacak mata) untuk merekam bidang visual pembeli dan di mana mereka memusatkan mata saat mereka berada di toko. Waktu yang dihabiskan untuk menelepon saat berada di dalam toko juga dicatat dan struk belanja digunakan untuk menilai pengeluaran.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan ponsel meningkatkan total waktu yang dihabiskan di supermarket atau toko dan ini menghasilkan lebih banyak barang belajaan yang dibeli.

Diperkirakan ponsel mengalihkan perhatian orang dari daftar belanja yang direncanakan dan yang disebut toko autopilot, di mana konsumen mengambil jalur rutin ke barang-barang reguler mereka.

Melihat jumlah item yang meningkat juga dapat menyentuhkan ingatan mereka tentang hal-hal yang telah kehabisan, atau hanya menginspirasi mereka untuk melakukan pembelian tambahan.

Dr Carl-Philip Ahlbom, dari School of Management University of Bath, mengatakan: “Temuannya sangat jelas – semakin banyak waktu yang kamu habiskan dengan ponsel kamu, semakin banyak uang yang akan kamu keluarkan.”

“Jadi, jika kamu mencoba membuat anggaran, tinggalkan ponselmu di sakumu. Bukan ponsel yang menyebabkan lebih banyak pembelian, tetapi pengaruhnya terhadap fokus kita.”

Penggunaan ponsel saat berbelanja bisa memengaruhi fokus pembeli dan membuat pengeluaran ekstra dengan bertambahnya item belanjaan. Tapi di sisi lain, ini adalah kabar baik buat supermarket atau toko retail lainnya, karena akan lebih menguntungkan mereka.

Profesor Jens Nordfalt, dari University of Bath, mengatakan: “Untuk toko retail ada pesan yang jelas di sini bahwa mereka tidak perlu lagi ada larangan menggunakan ponsel di dalam toko.”

“Bahkan, memudahkan pelanggan untuk menggunakan ponsel mereka, dengan WiFi yang baik dan perangkat tambahan seperti stasiun docking ponsel di troli belanja, akan lebih dari hasil.

“Satu-satunya pengecualian adalah menggunakan ponsel melindungi pembeli dari godaan di kasir. Di sini kami menemukan bahwa orang-orang mengambil barang lebih sedikit dari biasanya.”

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Susah BAB Saat Puasa? Ternyata Ini Penyebabnya!

Mudik Pakai Mobil? Ini Komponen yang Wajib Kamu Periksa!