in ,

Larangan Membawa Ponsel Diterapkan di Sekolah Luar Negeri, Bagaimana Indonesia?

CakapCakap – Cakap People! Di Indonesia, adakah sekolah yang melarang siswanya untuk membawa ponsel atau handphone? Bagi masyarakat sekarang, ponsel sudah menjadi kebutuhan primer yang tidak bisa ditinggalkan. Termasuk siswa-siswi sekolah, mereka membutuhkan ponsel untuk berkomunikasi, dan bersosial.

Melalui ponsel, siswa dapat menghubungi keluarga dan teman, mencari informasi lewat browser, bermain media sosial, hingga menggunakan fungsi berbagai macam aplikasi. Tetapi tidak hanya itu, ternyata ponsel bisa mengarahkan siswa ke hal yang negatif, terutama mengganggu kegiatan di sekolah. Oleh sebab itu, ada beberapa sekolah di Indonesia yang melarang siswanya untuk membawa ponsel ke sekolah. Walaupun masih mengalami pro dan kontra, ternyata aturan resmi larangan membawa ponsel ke sekolah ini sudah diterapkan di beberapa negara barat loh.

Larangan Membawa HP ke Sekolah
https://minanews.net/wp-content/uploads/2017/03/5AplikasiSmartphoneWajibPesertaUNSMA.jpeg

Di Ontario, Kanada, pemerintah mulai melarang penggunaan ponsel di ruang kelas. Larangan ini tidak hanya berlaku untuk para siswa, tetapi untuk guru juga. Lisa Thompson, Menteri Pendidikan di kawasan ini menyebutkan bahwa keputusan ini diambil setelah melewati masa konsultasi selama satu tahun terakhir. Aturan ini berlaku untuk jam pelajaran saja, dan hanya ada beberapa yang mendapatkan pengecualian. Pengecualian diberikan kepada guru yang memang memiliki perencanaan pengajaran menggunakan ponsel, atau mereka yang berkebutuhan khusus dan alasan medis.

Thompson menyebutkan bahwa selama di sekolah, siswa dan guru harus 100% berkonsentrasi ke pembelajaran. Dengan larangan ponsel ini, maka mereka bisa fokus pada ketrampilan di sekolah, mulai dari tentang pelajaran umum, ketrampilan menulis, menbaca, dan lainnya. Walaupn sekitar 97% orang tua setuju dan mendukung keputusan tersebut, ternyata ada juga yang menyebut bahwa aturan tersebut kuno dan mengekang. Beberapa pihak mengatakan bahwa sekolah dianggap tidak bisa mendidik muridnya untuk mengikuti perkembangan teknologi yang baik dan benar.

Larangan Membawa HP ke Sekolah
https://3.bp.blogspot.com/-xwoH4JA3Umo/V_PcKo3fL0I/AAAAAAAAE_M/LgFzy8Jt26EsDyg7oxqbVH32AFy3T-6qQCLcB/s1600/membawa-handphone-ke-sekolah_parenting.jpg

Selain Kanada, ternyata Perancis juga sudah menerapkan aturan ini di beberapa bulan sebelumnya, yakni pada September 2018. Larangan membawa ponsel berlaku untuk sekolah dengan usia siswa dibawah 15 tahun. Apakah hal tersebut efektif?

Beberapa negara mencoba untuk menerapkan aturan tersebut secara menyeluruh. Di Indonesia sendiri, aturan tersebut berlaku secara otonomi, yakni tergantung dari peraturan sekolah atau guru yang sedang mengajar. Apakah sekolah kamu juga melarang siswanya untuk membawa ponsel?

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Jangan Lupa! Asupan Cairan Sangat Penting Bagi Tubuh Saat Berolahraga

Inspiratif! Ini Dia Sosok Hairdresser Cantik Bercadar yang Raih Sukses