in ,

Mudik Pakai Mobil? Ini Komponen yang Wajib Kamu Periksa!

CakapCakap – Sebentar lagi kita akan sampai pada agenda mudik Lebaran. Tentu momentum yang terjadi satu tahun sekali ini akan sangat ditunggu-tunggu oleh mayoritas umat Muslim. Lantas, biasanya kendaraan apa yang Cakap People pakai untuk mudik? Apabila agenda mudik dilakukan bersama keluarga maka akan lebih nyaman jika mengendarai kendaraan roda empat atau mobil.

Tetapi sebelum memakai mobil untuk mudik, maka terlebih dahulu kamu harus memeriksa komponen-komponen di dalamnya. Sebab jangan sampai di tengah perjalanan ternyata mobil mengalami masalah. Nah, ini dia beberapa komponen mobil yang wajib kamu periksa sebelum mudik!

1. Shock absorber

Lakukan pengecekan secara rutin via Wartabatavia.com

Apa itu shock absorber? Ia merupakan komponen yang berguna sebagai penyerap guncangan yang mungkin timbul kala melalui lubang maupun gundukan. Apalagi kamu akan melewati aneka jalanan tak terduga ketika mudik lagi. Oleh karena itu, jangan lupakan shock absorber untuk diperiksa terlebih dahulu sebelum menggunakan mobil untuk menempuh perjalanan mudik. Dengan demikian perjalanan akan jadi lebih nyaman.

2. Transmisi, oli dan gardan

Periksa transmisi via Seva.id

Seringkali orang lupa melakukan pengecekan terhadap ketiga komponen berikut ini. Padahal masing-masing komponen ini mempunyai peran penting bagi mengurangi gesekan antara komponen. Dengan mengganti oli secara rutin maka bisa mencegah terjadinya kerusakan pada komponen lain, overheating hingga berdampak pula pada borosnya pemakaian bahan bakar dan penurunan kualitas mesin dalam kendaraan.

3. Air aki & arus listrik

Jangan biarkan air aki kering via Furukawa-battery.co.id

Kamu perlu melakukan pengecekan pada komponen sistem kelistrikan aki. Tujuannya tentu saja untuk mengetahui kondisi voltase aki. Jika tingkat voltase cukup lemah, maka mobil akan sulit hidup. Bahkan aki bisa soak ketika berada di perjalanan saat mudik. Kamu juga tak boleh lupa mengecek air aki. Sebab jika air aki kering maka bisa berdampak pada kerusakan komponen lain. Jadi cobalah cek secara rutin dan jika memang perlu diganti maka gantilah sebelum komponen tersebut rusak di tengah perjalanan mudik.

Itulah beberapa komponen yang perlu Cakap People periksa sebelum menggunakan mobil untuk mudik. Selain itu pastikan pula jika tekanan angin pada ban sesuai. Sehingga mengurangi potensi akan pecah ban. Sebab tekanan angin yang tidak stabil juga bisa memicu terjadinya kecelakaan yang tak diharapkan.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Simpan Ponsel Kamu Saat Berbelanja Jika Tak Ingin Pengeluaran Membengkak

Sebaiknya Tak Asal Pilih, Ini 3 Bahan Seprai Adem yang Nyaman Buat Kulit