in

Si Manggis Celebes, Inovasi Mahasiswa Unhas Mendunia

Semakin mengukir prestasi, itulah kiranya yang dilakukan oleh Universitas Hasanuddin (Unhas). Baru-baru ini, kampus ini mencetak prestasi membanggakan lewat para mahasiswa. Beberapa mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Unhas telah mencetak prestasi dunia dengan inovasi edukasi berbasis digital.

Mereka adalah Mixelia Ade Novianty (2015), Nurfaisya Riandani (2015), Muhammad Shaad Isra (2014), dan Julian Marchel Nuruwael (2013). Tim ini awalnya memiliki keprihatinan akan pengetahuan masyarakat terhadap kesehatan gigi dan mulut, kemungkinan karena disebabkan oleh media edukasi yang kurang menjangkau. Metode edukasi yang banyak menggunakan cara konvensional, mulai dari kelas, ceramah, dan poster dirasa kurang cukup untuk mengedukasi masyarakat dengan baik dan maksimal.

Mahasiswa Unhas dibalik Si Manggis Celebes
Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Unhas ciptakan app Si Manggis Celebes via atimes.com

Berawal dari keprihatinan tersebut, mereka menggandeng mahasiswa Teknik Informatika untuk menciptakan aplikasi yang bisa mengedukasi masyarakat tentang kesehatan gigi dan mulut, dengan lebih efektif. Dengan melewati serangkaian riset dan pengujian, akhirnya lahir aplikasi android bernama “SI Manggis Celebes”. Selain menjadi media edukasi kesehatan gigi dan mulut, aplikasi ini jug a sekaligus memperkenalkan tokoh asli Sulawesi Selatan, bernama Si Baso.

Aplikasi yang mulai terpampang dalam deretan aplikasi di Play Store sejak Juli 2017 ini pertama kali diperkenalkan ke publik pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2017. Karya inovasi itu lolos ke babak final, tapi belum berhasil memperoleh medali. Dalam pengembangannya, justru Si Manggis Celebes ini mendulang banyak sekali penghargaan. Tercatat, aplikasi yang sudah diunduh sebanyak 1000 kali ini, mendapatkan medali perak untuk kategori Education pada World Inventors Exhibition (WYIE). Selain itu, aplikasi ini mendapatkan Special Award dari World Invention Intellectual Property Association (WIIPA) Taiwan.

Si Manggis Celebes
Aplikasi Si Manggis Celebes via innopa.org

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Hasanuddin, Nurlindah Hamrun, menyebutkan bahwa banyak mahasiswanya yang sekarnag ini berlomba-lomba membuat berbagai inovasi yang mendukung keahlian mereka dalam bidang akademik. Pihak Kampus juga pastinya akan terus mendukung mahasiswanya dalam berbagai aksi postif mereka. Apalagi jika dilihat dari fungsionalitas Si Manggis Celebes ini, ada banyak hal yang bisa membuat masyarakat luas semakin teredukasi.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Selalu Diam dan Memendam Masalah, 4 Bahaya Ini Akan Mengintai Hubunganmu

Apa Hubungan Olahraga dengan Osteoporosis? Ketahui Faktanya Sebelum Terlambat