in

Daftar Fitur Baru iOS 18, iPhone Makin Mirip HP Android?

Apple resmi meluncurkan sistem operasi iOS 18 terbaru untuk iPhone

CakapCakapCakap People! Apa saja fitur baru iOS 18? Benarkah semakin mirip dengan ponsel Android? Seperti diketahui, Apple resmi meluncurkan sistem operasi iOS 18 terbaru untuk iPhone dalam gelaran WWDC 2024 di Apple Park, Cupertino, AS.

Salah satu pembaruan paling signifikan pada iOS 18 adalah kemampuan personalisasi (custom). Hal ini memberikan kebebasan pada pengguna untuk menyetel iPhone sesuai selera.

Namun, HP Android sudah lama menawarkan keunggulan serupa. Berikut beberapa fitur baru pada iOS 18, dirangkum CNBC Indonesia melalui siaran langsung di channel YouTube resmi Apple, Selasa 11 Juni 2024.

 Daftar Fitur Baru iOS 18, iPhone Makin Mirip HP Android?
Ilustrasi [Foto: REUTERS/Elijah Nouvelage]

Custom Home Screen

Selama ini, pengaturan ikon aplikasi pada iPhone cukup simpel dan kaku karena tak bisa di-custom. Melalui iOS 18, semua ikon pada home screen bisa dipindahkan dengan posisi yang lebih nyaman bagi masing-masing pengguna.

Selain itu, pengguna juga bisa mengubah nuansa warna pada ikon aplikasi, baik itu terang, dark mode, bahkan dominasi pada satu warna tertentu. Ukuran ikon pada home screen juga bisa diatur sesuai selera.

Control Center

Pengguna kini bisa memodifikasi Control Center melalui fitur penyetelan terbaru. Pengembang aplikasi juga bisa menghadirkan tool untuk aplikasi mereka di Control Center.

Lock and Hidden Apps

Pengguna bisa mengunci tiap aplikasi dengan sistem otentikasi. Selain itu, informasi tertentu bisa disembunyikan dari Search dan Siri.

Photos

Aplikasi foto benar-benar dirombak. Pengguna akan melihat tampilan grid foto pada bagian atas aplikasi dan folder yang diatur sesuai tema pada bagian bawah aplikasi.

Pengguna bisa menyortir konten visual berdasarkan bulan dan tahun. Ada juga tombol filter untuk menyembunyikan screenshot pada aplikasi.

Ada juga bagian collections yang memungkinkan pencarian foto sesuai beberapa topik. Misallnya waktu, orang, memori, perjalanan, dan sebagainya.

Game Mode

Untuk pertama kalinya, Apple juga menghadirkan Game Mode khusus di iPhone. Fitur ini memungkinkan iPhone meminimalisir aktivitas background untuk meningkatkan frame rates ketika bermain game.

Selain itu, pecinta game juga bisa menghubungkan AirPods dan kontroler game wireless secara lebih mulus.

Messages

Tampilan aplikasi Messages dirombak dengan nuansa yang lebih segar. Pengguna juga kini bisa merespons dengan emoji.

Fitur lainnya adalah menjadwalkan pesan tertentu, mengubah format teks (bold, italic, underline, strikethrough). Selain itu, pengguna bisa meng-highlight kata atau frasa dan menggantinya dengan rekomendasi lain.

Koneksi Satelit

Seperti yang sudah digembar-gemborkan sebelumnya, iOS 18 juga kini sudah mendukung RCS. Fitur ini sebelumnya sudah ada di HP Android. Dengan RCS, pengguna iPhone bisa mengirim melalui satelit tanpa harus mengaktifkan layanan seluler atau terhubung dengan WiFi.

Mail

Pengguna iPhone bisa membuat kategori pesan dan memprioritaskan pesan di Mail pada iOS 18.

Maps Topografi

Pengguna bisa mengetahui rute pendakian di Maps. Hal ini dimungkinkan tersedianya peta topografi yang lebih akurat dan tampak sesuai kondisi asli suatu area.

iOS 18 versi beta sudah tersedia untuk anggota Apple Developer Program. Namun, versi publiknya akan tersedia dalam beberapa saat ke depan.

SUMBER ARTIKEL

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

5 Gerakan Olahraga untuk Bakar Lemak Punggung Bawah, Cobain!

5 Gerakan Olahraga untuk Bakar Lemak Punggung Bawah, Cobain!

Pesawat yang Membawa Wakil Presiden Malawi Saulos Klaus Chilima Hilang

Pesawat yang Membawa Wakil Presiden Malawi Saulos Klaus Chilima Hilang