in ,

Mobil Mendadak Overheat Saat Perjalanan Mudik? Lakukan 3 Hal Berikut!

CakapCakap – Bukan rahasia lagi jika mudik merupakan salah satu agenda rutin yang banyak dilakukan oleh sebagian orang. Bahkan mudik sendiri sudah jadi tradisi bagi mayoritas masyarakat Indonesia ketika Hari Raya Idul Fitri. Lantas, kali ini Cakap People hendak mudik dengan menaiki kendaraan pribadi atau transportasi umum?

Apabila hendak mengendarai kendaraan pribadi seperti mobil, maka kamu dianjurkan guna mengecek terlebih dahulu mobil yang hendak dinaiki. Sebab bisa saja di tengah-tengah perjalanan terjadi suatu hal yang tak diinginkan. Misalnya saja mobil tiba-tiba overheat. Jika sudah demikian, apa yang harus dilakukan? Simak ulasannya berikut ini!

1. Cek tabung cadangan air radiator

Isi air radiator via Montirgw.com

Bingung ketika mobil dalam kondisi overheat? Tak perlu cemas. Langsung saja cek bagian tabung cadangan air radiator. Sebab pasalnya tiap mobil pasti memiliki cadangan air yang terhubung dengan bagian radiator atas. Tindakan ini akan membantu kamu melihat apakah mobil kekurangan air radiator atau tidak. Tak lupa periksa juga ketinggian air. Apabila air radiator kurang maka dapat berbahaya bagi mesin.

Oleh karena itu, kamu dapat menambahkan cairan pendingin hingga garis yang ditentukan. Isi air di tabung walau mesin dalam kondisi panas. Kamu juga bisa menunggu mobil dingin baru diberikan air radiator. Apabila mobil hanya punya radiator tanpa ada tabung cadangan maka sebaiknya tunggu mesin dingin baru membuka bagian tersebut.

2. Berhenti, matikan mesin

Tiba-tiba mesin mobil jadi sangat panas via Otomotif.kompas.com

Mungkin sebagian orang akan kebingungan kala terjadi overheat pada mesin mobil di tengah perjalanan. Kunci utamanya ialah jangan panik. Cobalah untuk segera berhenti di tepian jalan. Lalu matikan mesin supaya tidak terjadi kerusakan yang lebih parah. Lantas, tinjau jarum temperatur. Jangan biarkan panas terjebak di dalam ruang mesin. Buka bagian kap mesin dengan mencari tuas pembuka, lalu angkat. Kamu harus berhati-hati dalam membukanya sebab tuas terkadang ada di dekat radiator sehingga bisa saja tangan tersengat oleh suhu panas dari radiator.

3. Periksa adakah kebocoran di sistem pendingin

Bawa ke bengkel agar diperiksa via Mobil123.com

Apabila kepala silinder maupun radiator rusak, maka kemungkinan akan ada kebocoran di sistem pendingin. Jika kamu tahu perihal mesin mobil, maka segera periksa blok mesin, radiator atau kepala silinder yang berada di dekat gasket. Apakah atau kebocoran atau tidak. Namun apabila kamu kurang berpengalaman maka sebaiknya bawa mobil ke bengkel terdekat supaya dilakukan tes tekanan terhadap sistem pendingin.

Jadi sebaiknya Cakap People tak perlu bingung apabila mobil dalam kondisi overheat. Sebab segala sesuatu yang diatasi dengan rasa cemas tidak akan bertemu dengan jawabannya. Hadapi dengan santai dan lakukan upaya penyelesaian di atas.

Comments

20 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

  3. Pingback:

  4. Pingback:

  5. Pingback:

  6. Pingback:

  7. Pingback:

  8. Pingback:

  9. Pingback:

  10. Pingback:

  11. Pingback:

  12. Pingback:

  13. Pingback:

  14. Pingback:

  15. Pingback:

  16. Pingback:

  17. Pingback:

  18. Pingback:

  19. Pingback:

  20. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Pasangan Sudah Ngebet Nikah Tapi Kamu Belum Siap, Begini Cara Menyikapinya!

Restoran Ini Menawarkan Kelas Memasak Bagi Anak loh, Cocok Dikunjungi Saat Liburan!