in

Mudik dengan Mobil Pribadi? Gunakan Aplikasi Pemantau Jalur Mudik Ini!

CakapCakap – Arus mudik beberapa hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H atau Lebaran 2019 mulai padat. Umat Islam dari berbagai daerah di Indonesia sudah mulai pulang ke kampung halaman untuk bisa berkumpul dengan sanak saudaranya di hari raya yang jatuh pada hari Rabu, tanggal 5 Juni 2019 nanti. Cakap People yang tinggal di rantau pun tentu sudah mulai pulang ke kota asal. Nah, jika mudik dengan mobil pribadi, jangan lupa pakai aplikasi untuk membantu memantau jalur mudik.

Ada beberapa aplikasi smartphone yang bisa digunakan untuk memantau jalur dan arus mudik, salah satu yang familiar adalah Google Maps. Via gadgethacks.com

Menurut laman Inet.Detik.com, ada beberapa aplikasi smartphone Android yang bisa digunakan para pemudik untuk memantau jalur dan arus mudik selama perjalanan. Salah satu yang paling familiar adalah Google Maps. Aplikasi ini dapat menampilkan situasi kemacetan jalan dengan tiga indikator warna, yaitu merah untuk macet, kuning untuk jalanan padat, dan biru untuk jalanan lancar. Tidak hanya itu, aplikasi milik Google ini juga bisa menampilkan sejumlah informasi penting, seperti lokasi SPBU, tempat makan, tempat ibadah, dan rest area, sehingga sangat membantu dalam perjalanan.

Selain itu, pemudik juga bisa menggunakan aplikasi Peta Jelajah Nusantara kerja sama PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dengan Kementerian Perhubungan. Aplikasi yang terhubung dengan Google Maps ini bukan cuma berisi navigasi jalur mudik lebaran menuju posko mudik, posko kesehatan dan terminal bus, tapi ada informasi mengenai tiap posko dan pengaturan jalur lalu lintas. Pilihan lain, aplikasi MAXstream, di mana Telkomsel bekerja sama dengan Korps Lalu Lintas Polri menghadirkan Live-Streaming 50 CCTV di Jalur Mudik pada saluran Mudik Hepi 2019 selama 27 Mei 2019 – 26 Juni 2019.

Waze juga merupakan salah satu aplikasi peta yang banyak digunakan selain Google Maps. Via arenalte.com

Tak hanya itu, menurut laman Suara.com, Waze juga merupakan salah satu aplikasi peta yang sudah banyak digunakan selain Google Maps. Melalui aplikasi ini, para pemudik bisa mengetahui tingkat kemacetan yang ada di setiap jalur dan mendapat jalur alternatif tercepat. Selain itu, penggunanya juga bisa mendapat informasi dan laporan kondisi jalan dari pengguna Waze lain secara langsung.

Lalu, ada pula aplikasi NTMC Mudik rilisan Korps Lalu Lintas Polri yang sudah digunakan sejak mudik Lebaran 2018 silam. Di aplikasi ini, pemudik bisa mengetahui informasi seperti titik kemacetan, SPBU dan rest area, serta hal-hal penting lainnya. Nah, Cakap People mau pilih aplikasi yang mana?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Gila! Harga Tiket Pesawat Mudik Bandung-Medan Tembus Rp 21 Juta

Ini loh Momen Kedekatan Ani Yudhoyono Bersama Keluarganya, Keharmonisan yang Menghipnotis!