in ,

Bangun ‘Park and Ride’ di Luar Kota Jadi Cara Atasi Kemacetan di Jakarta

CakapCakap – Kemacetan lalu lintas menjadi salah satu masalah terbesar dalam pengelolan wilayah DKI Jakarta hingga saat ini. Kepadatan penduduk yang terus bertambah membuat jumlah kendaraan yang melintas di wilayah ibukota juga terus meningkat. Belum lagi warga dari luar kota yang datang bekerja ke Jakarta juga turut menambah kemacetan. Cakap People yang tinggal di Jakarta tentu bisa merasakannya setiap hari, yang jelas membuat kawasan perkotaan besar ini semakin sumpek saja.

Pemerintah DKI Jakarta terus melakukan berbagai upaya untuk mengatasi kemacetan, salah satunya dengan membangun area ‘park and ride’. Via beritahub.com

Untuk mengatasi kemacetan tersebut, Pemerintah DKI Jakarta sudah mencoba membuat sejumlah aturan. Terbaru, pemerintah akan membangun 10 tempat parkir berkonsep ‘park and ride’ di area Bogor dan Bekasi, serta selanjutnya juga di Tangerang, Tangerang Selatan, dan Depok. Dilansir oleh Tempo.co, tempat parkir ini berada di area kota penyangga dengan tujuan mengurangi kemacetan lalu lintas di ibu kota. “Ini sekaligus memastikan konektivitas mereka yang ada di outer Jakarta untuk berpindah ke transportasi umum,” jelas Plt Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko.

Lokasi yang sudah didapatkan ada di Kota Bekasi yang tersebar di kawasan Stadion Patriot Bekasi, kawasan Bulan-bulan atau PMI Bekasi, dan Terminal Bekasi. Selanjutnya di Kabupaten Bekasi, yakni kawasan Stasiun Telaga Murni dan sekitaran Stasiun Kereta Api Cikarang Utara. Sedang Kota Bogor, lokasinya di Terminal Bubulak dan Ex-Pasar Bogor. Lalu, Kabupaten Bogor ada di Tempat Wisata Sukaraja atau Ciawi, Jalan Tegar Beriman, dan Stasiun Kereta Api Commuter Terminal Bojong Gede.

Setelah membangun area ‘park and ride’ di Jakarta, kini dibangun pula 10 lokasi di sejumlah kota penyangga. Via kompas.com

Sebelumnya, Pemerintah DKI Jakarta pun juga sudah membangun kantung parkir ‘park and ride’ di sejumlah kawasan ibu kota yang dekat dengan pemberhentian transportasi umum, dengan tujuan untuk mendorong penggunaan angkutan umum, seperti dilansir dari laman Liputan6.com. Area ‘park and ride’ ini adalah fasilitas dari Pemerintah DKI Jakarta bagi komuter untuk memarkirkan kendaraan di dekat halte atau stasiun, dan diharapkan akan melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum.

Lokasinya ada beberapa wilayah, yakni Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kali Deres, Terminal Pulo Gebang, PGC Cililitan, Ragunan, Thamrin, dan Pinang Ranti. Silahkan dicoba ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Keren! Ternyata Indonesia Sudah Punya Pabrik Baterai Mobil Listrik

Kisah Robinson Sinurat, Anak Petani Lulusan S2 dari Universitas Bergengsi AS