Indonesia akan segera memiliki pesawat nasional, yakni pesawat R80. Via kompas.com
in ,

Mengenal Pesawat R80 Buatan Nasional dengan Beragam Teknologi Canggih

CakapCakap – Indonesia sebenarnya sudah lama memiliki industri pesawat, dengan dibangunnya perusahaan pembuat pesawat oleh pemerintah pada era Orde Baru. Saat itu, BJ Habibie yang masih menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi diminta untuk memimpin perusahaan tersebut dan membuat pesawat buatan nasional. Cakap People tentu masih ingat, atau pernah mendengar soal pesawat N-250 yang disebut ‘Gatot Kaca’. Sayang, pesawat itu gagal dikembangkan untuk produksi.

Indonesia akan segera memiliki pesawat nasional, yakni pesawat R80. Via kompas.com

Namun, impian Habibie supaya Indonesia bisa memiliki pesawat nasional sepertinya akan segera terwujud. PT Regio Aviasi Industri (RAI) akan menciptakan pesawat R80 yang mulai dirakit tahun 2019 nanti, dan direncanakan siap mengudara pada tahun 2025 mendatang, seperti dilansir oleh laman Merdeka.com. Pesawat R80 ini sendiri akan dilengkapi teknologi terbaru dan super canggih dengan tingkat keamanan yang tinggi bagi penumpang. Salah satunya teknologi fly by wire, di mana sistem kendali pesawat akan menggunakan sinyal elektronik dalam memberikan beragam perintah.

Lalu, ada teknologi yang mampu meminimalisir suara kebisingan yang dihasilkan oleh baling-baling pesawat, dan sistem penyesuaian udara sehingga tekanan udara di kabin pesawat tetap stabil tidak terpengaruh ketinggian pesawat. Pesawat R80 ini juga mampu terbang dengan landas pacu pendek, meski mengangkut banyak penumpang sehingga bisa mengakses bandara kecil di wilayah kepulauan. Konsumsi bahan bakar pesawat R80 ini juga jauh lebih irit 20 persen ketimbang pesawat mesin jet.

Pesawat R80 buatan dalam negeri akan hadir dengan sejumlah teknologi canggih. Via goodnewsfromindonesia.id

Sebelumnya, seperti dikutip pula dari laman MediaIndonesia.com, pesawat R80 sendiri pun memang didesain untuk penerbangan sipil dengan daya tampung hingga 100 penumpang. Pesawat ini mampu menjangkau jarak 1.480 kilometer dalam sekali terbang. Dengan teknologi pesawat yang irit bahan bakar, tentu saja sebagai pesawat komersil akan memberi keuntungan bagi pihak maskapai. Saat ini, pesawat ini masih melalui rangkaian proses di antaranya pembuatan prototipe dan uji layak terbang.

“Kurang lebih enam tahun dari tahun 2019, kita bisa melihat pesawat R80 di udara Indonesia,” kata Komisaris PT RAI Ilham Habibie, yang juga adalah putra dari BJ Habibie. Keren kan, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Setelah Rencana Membuat ‘Bulan’, Kini Cina Ciptakan ‘Matahari Buatan’

Tagihan Listrik Membeludak? Ini Dia 3 Tips Sederhana Agar Hemat Penggunaan Listrik!