in ,

Cendikiawan Bertangan Dingin di Bidang Teknologi, Ini Daftar Pesawat Karya BJ Habibie

BJ Habibie dikenal sebagai Mr.Crack karena teori temuannya

CakapCakap – BJ Habibie adalah sosok yang inspiratif dan cerdas yang dimiliki Indonesia yang baru saja tutup usia 11 September 2019. Tokoh penting di tanah air ini memang selalu lekat dengan teknologi terutama dalam dunia penerbangan. Bahkan, bapak dua anak ini dapat julukan sebagai Mr. Crack lantaran temuannya mengenai Progression Crack Theory yang dikenal juga dengan istilah Habibie Theory itu Cakap People

Teori tersebut merupakan teori yang mampu mengkalkulasi keretakan pesawat lantaran proses terbang landas, sekaligus membantu membangun pesawat modern guna menghindari terjadinya kecelakaan pesawat. Perhitungan tersebut dilakukan secara mendetail hingga ke tingkat atom material dari pesawat.

BJ Habibie, Presiden ke-3 RI via romadecade.org

Selain dikenal dengan teorinya, BJ Habibie juga dikenal dengan rancangan pesawatnya yakni N-250.  Di tahun 1995, prototipe pesawat N-250 PA-1 versi Gatotkaca melakukan terbang perdana dan langsung mengangkut 50 orang serta disaksikan oleh Soeharto.

Prototipe kedua adalah N-250 PA-2 yang merupakan versi krincing. Pesawat ini lahir pada tahun 1996 dengan kapasitas 70 penumpang. N-250 sendiri merupakan pesawat untuk penerbangan sipil dan dibangun oleh IPTN yang sekarang berubah namanya menjadi PT Dirgantara Indonesia.

Meski demikian, proyek yang satu ini sempat diberhentikan oleh Soeharto pada tahun 1996 atas rekomendasi dari International Monetary Fund. Kala itu Indonesia sedang mengalami krisis moneter. Proyek pesawat N-250 adalah cikal bakal dari lahirnya pesawat lain buatan negeri yakni R80.

BJ Habibie sudah banyak menghasilkan karya di bidang teknologi terutama pesawat via tribunnews.com

Pesawat ini diproduksi oleh PT Regio Aviasi Industri atau RAI. Adapun perusahaan ini merupakan perusahaan yang didirikan oleh Habibie bersama dengan putranya yakni Ilham Habibie.

Prototipe dari pesawat ini pernah dipamerkan di Bekraf Habibie Festival di Jakarta pada tanggal 7 sampai dengan 13 Agustus tahun 2017 yang lalu. Ilham sendiri berpendapat jika membutuhkan waktu 4 tahun guna merancang prototipe ini dan diharapkan mampu terbang di tahun 2023 mendatang.

Karya Habibie lainnya adalah VTOL yang merupakan jenis pesawat angkut DO-31, Helikopter BO-105, Airbus A-300 yang mampu mengangkut 300 penumpang serta Multi Role Combat Aircraft dan lain sebagainya.

Ragam temuan Habibie sangatlah berguna terutama sebagai aset negara sekaligus untuk kemajuan bangsa. Benar demikian bukan, cakap People! Sudah sepatutnya kita semua berbangga dan meneladani sosoknya sebagai sebuah inspirasi.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Sosok yang Dikagumi, Inilah 3 Temuan Berharga BJ Habibie Semasa Hidup

Inilah Kumpulan Kata-kata Bijak BJ Habibie yang Begitu Menginspirasi