in

Tagihan Listrik Membeludak? Ini Dia 3 Tips Sederhana Agar Hemat Penggunaan Listrik!

CakapCakap – Listrik termasuk salah satu kebutuhan pokok bagi setiap orang. Sebab, hampir semua aktivitas yang kita lakukan pasti memerlukan listrik. Entah saat di rumah, bekerja maupun ketika singgah untuk liburan. Namun, yang paling menyorot perhatian ialah saat tagihan listrik di rumah membengkak. Pasti Cakap People akan cukup mengeluh bukan dengan membengkaknya tagihan listrik tersebut?

Sebenarnya tagihan listrik bisa diminimalkan dengan beberapa cara. Ingin tahu caranya? Maka kamu wajib menyimak ulasan berikut ini! Dengan demikian tagihan listrik di rumah bisa terkendali dan tak akan membeludak lagi.

1. Selalu cabut colokkan listrik setelah dipakai

Jangan biarkan colokkan tetap menyala via Blog.reservasi.com

Ini dia kebiasaan tak baik yang berkembang di tengah masyarakat. Di mana umumnya orang akan membiarkan colokkan listrik atau steker tetap menyala pasca digunakan. Padahal, steker listrik terhubung dengan saklar atau stop kontak. Sehingga akan senantiasa menyedot daya dari listrik. Alhasil bukan hal yang mengherankan lagi apabila tagihan listrik kamu akan membengkak. Oleh karena itu, jangan lupa mencabut steker saat selesai menggunakannya untuk isi ulang baterai smartphone atau laptop.

2. Kurangi pemakaian barang elektronik

Hindari memakai pengering di mesin cuci via Samsung.com

Beberapa barang elektronik seperti mesin cuci hingga kulkas memang memiliki daya yang terbilang besar. Maka dari itu, kamu disarankan guna membatasi penggunaan barang-barang tersebut. Kurangi pemakaian pengering di mesin cuci. Manfaatkan panas alami yang bersumber dari sinar matahari saja. Sementara untuk benda elektronik bernama kulkas maka bisa kamu bersihkan area kondesor secara rutin serta senantiasa menutup pintu kulkas dengan rapat. Hal-hal sepele tersebut bisa menghemat tagihan listrik kamu loh!

3. Mengontrol penggunaan lampu

Matikan lampu saat sudah tak berada di ruangan via Wajibbaca.com

Tanpa lampu tentu saja ruangan dalam rumah akan terasa gelap. Namun, walau demikian kamu harus tetap membatasi penggunaan lampu. Sehingga listrik bisa jadi lebih hemat. Caranya dengan mematikan lampu di kala meninggalkan ruangan. Sebab, lampu yang kamu biarkan menyala terus-menerus bisa membuat biaya listrik lebih mahal. Selain itu, upayakan mematikan lampu di malam hari saat pergi tidur. Kamu juga dianjurkan untuk membatasi penggunaan lampu di siang hari. Manfaatkan cahaya matahari saat siang.

Walau terkesan sederhana, namun langkah-langkah di atas cukup ampuh untuk Cakap People terapkan. Sehingga tagihan listrik bisa kembali normal dan tak membengkak lagi. Gunakan listrik dengan bijak dan sesuai kebutuhan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Mengenal Pesawat R80 Buatan Nasional dengan Beragam Teknologi Canggih

Awas Tertipu Ban Rekondisi! Begini Cara Mengenalinya Agar Tak Salah Beli