in ,

Mau ‘Nge-Gym’? Kaum Wanita Perlu Perhatikan Ini Lho!

CakapCakap – Menjalani olahraga tentu saja sangat penting, terutama bagi kaum millennial. Cakap People pun pastinya sudah punya jadwal olahraga sendiri, setelah menghabiskan waktu menjalani aktivitas harian. Berolahraga di pusat kebugaran alias gym akan jadi pilihan bagi kebanyakan orang, terutama bagi mereka yang setiap hari sibuk. Namun, ternyata ada kesalahan umum yang dilakukan saat ngegym, sehingga terutama kaum wanita pun perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Kebanyakan wanita takut melakukan latihan angkat beban, karena khawatir akan punya tubuh berotot. Via doktersehat.com

Menurut ahli gizi teregistrasi, sekaligus pendiri Jim White Fitness and Nutrition Studios, Jim White ACSM, setidaknya ada dua kesalahan terbesar yang paling umum dilakukan para wanita ketika akan berolahraga di pusat kebugaran, seperti dilaporkan oleh laman Kompas.com. Kesalahan ini bukan mengenai gerakan atau etika, namun lebih kepada olahraga secara umum. Pertama, kebanyakan wanita takut mengangkat beban berat, karena khawatir akan punya tubuh berotot. Padahal, olahraga angkat beban adalah latihan kekuatan untuk menurunkan berat badan dan mencapai kesehatan.

Kedua, banyak wanita yang terlalu fokus pada satu jenis olahraga. Padahal, seseorang bisa mendapat manfaat tidak hanya dari satu jenis latihan saja. “Penting untuk melakukan latihan secara bervariasi untuk memimalisasi kebosanan, melatih otot berbeda, meningkatkan fleksibilitas, dan menyehatkan jantung. Latihan yang baik meliputi latihan kekuatan, kardio, peregangan, keseimbangan, hingga kecerdasan otak,” ungkap Jim pula. Ingat juga untuk melakukan semua jenis latihan secara lengkap.

Banyak pula wanita yang percaya saat berhenti berlatih, maka otot-otot di tubuh akan berubah jadi lemak. Via shopback.com

Kemudian, ada pula beberapa mitos yang dipercayai kaum wanita saat nge-gym, sehingga sering kali gagal mendapatkan hasil yang diinginkan dari latihan yang sudah dijalani, seperti dimuat pada laman DokterSehat.com. Selain mitos bahwa latihan beban di gym akan membuat tubuh berotot seperti pria, banyak pula kaum wanita yang percaya bahwa saat berhenti berlatih, maka otot-otot di tubuh akan berubah menjadi lemak. Padahal faktanya, otot mulai mengecil dan berubah jadi serat otot.

Kemudian, kebanyakan wanita juga menginginkan latihan yang fokus hanya mengecilkan satu bagian tubuh saja. Faktanya, latihan sebaiknya dilakukan untuk mengecilkan seluruh bagian tubuh. Selain itu, berpikir bahwa lebih banyak latihan maka akan lebih baik, ternyata juga salah. Pasalnya, jika melakukan latihan berat dalam waktu sebelum 48 jam, otot bisa mengalami overtraining. Makanya, mulai sekarang jangan asal sembarangan berolahraga ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Jangan Salah! Latihan Angkat Beban Ternyata Juga Punya Banyak Manfaat Bagi Wanita

Luar Biasa! Siapa Sangka Pengemis Tua Ini Ternyata Punya Tabungan Rp 15 M