in ,

Perlu Tahu! Pentingnya Melakukan Pendinginan Setelah Berolahraga

CakapCakap – Melakukan olahraga tentu saja perlu mengetahui cara-cara yang benar. Cakap People tidak bisa sembarangan saja dalam berolahraga, karena bisa saja malah bukan mendapat manfaat, tetapi malah akan menyebabkan tubuh menjadi sakit atau mengalami cedera. Nah, dalam olahraga, selain melakukan pemanasan sebelum berolahraga, kamu juga perlu melakukan pendinginan setelah berolahraga. Melakukan pendinginan ini pun memang sangat dianjurkan oleh para ahli kesehatan.

Pendinginan setelah berolahraga sangat penting, karena bisa membantu mencegah cedera dan mengatasi nyeri yang muncul. Via detik.com

Menurut Amerian Council on Exercise, pendinginan atau meregangkan tubuh sehabis berolahraga sangat penting, karena efeknya tidak hanya membantu mencegah cedera, tapi juga bisa membantu mengatasi nyeri yang muncul sesudahnya, seperti dijelaskan dalam laman HelloSehat.com. Ketika berolahraga, otot tubuh akan merasa hangat. Dengan pendinginan, maka bisa meningkatkan rentang gerak otot agar tidak robek dan terluka dalam kondisi hangat, dan bisa mengurangi nyeri pada otot.

Pendinginan sendiri pun tidak boleh dilakukan sembarangan. Pendinginan biasa dilakukan dengan cara yang lembut, dan menghindari untuk melakukan gerakan yang meloncat atau bergerak lebih cepat. Selain itu, jangan lupa juga untuk menarik napas dalam-dalam guna mendapatkan sensasi di tubuh saat meregang. Disarankan untuk melakukan pendinginan selama 3-5 menit saja setelah usai berolahraga. Jadi, pendinginan pun tidak perlu menyita banyak waktu dalam jadwal berolahraga.

Pendinginan juga bisa dilakukan dengan hanya beristirahat setelah selesai berolahraga, agar sendi dan urat akan lebih rileks. Via kompas.com

“Kalau menyebut olahraga ada yang namanya pemanasan dan pendinginan. Kedua hal itu penting dilakukan. Pendinginan itu dilakukan agar bisa gerakan lebih santai. Jadi mengistirahatkan sendi atau urat yang sudah dipakai,” ungkap dr Ghuna Arioharjo Utoyo SpOT dari RS Hasan Sadikin Bandung, seperti yang dimuat dalam laman Detik.com. Dia mengatakan bahwa pendinginan ada beramacam-macam jenisnya. Ada pula yang memberi kompres es seperti dilakukan pada kaki pemain sepak bola.

Selain itu, pada dasarnya pendinginan juga bisa dilakukan dengan hanya beristirahat setelah selesai berolahraga. Dengan begitu, maka sendi dan urat di dalam tubuh pun bisa dikatakannya akan lebih rileks setelah melakukan banyak gerakan-gerakan berat dan cepat selama menjalani olahraga itu. Oleh karena itu, fase pendinginan setelah selesai berolahraga jangan sampai Cakap People lupakan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Earth Hour, 180 Negara Melakukan Gerakan Mematikan Lampu

Mau Olahraga Singkat Tapi Bermanfaat? Coba Tabata Workout Ala Nadira Diva!