in

Lebih Bijak, Lakukan 5 Hal Sederhana Ini untuk Kurangi Dampak Buruk Sampah Plastik

CakapCakap – Plastik adalah satu musuh terbesar bagi lingkungan kita. Apalagi, negara kita tengah menjadi sorotan dunia karena menjadi penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia. Banyak sampah yang akhirnya berakhir di lautan dan merusak ekosistem di dalamnya. Akibatnya banyak hewan laut mati akibat ulah manusia itu sendiri, Cakap People.

Hal buruk akibat sampah plastik sebenarnya bisa dikurangi atau bahkan ditanggulangi dengan beberapa cara berikut ini. Yuk, simak!

1. Bawa wadah sendiri saat berbelanja

Botol-botol bekas minum. Image by Didgeman on Pixabay

Banyak orang yang mulai menggunakan kantong sendiri seperti kantong jaring hingga tas kecil-kecil ketika berbelanja. Langkah ini bisa dilakukan untuk mengurangi penggunaan sampah plastik. Namun jika kamu menemukan toko yang menggunakan plastik organik maka tidak masalah untuk menggunakan plastik organik tersebut.

2. Bawa botol minum sendiri

Sampah gelas dan botol plastik. Image by EKM-Mittelsachsen on Pixabay

Langkah selanjutnya bisa dilakukan dengan cara membawa botol minum sendiri. Jika setiap membeli minum kamu mendapatkan satu botol plastik, apa jadinya jika sehari kamu membelinya beberapa kali? Sudah pasti sampah yang kamu buang akan semakin banyak. Membawa botol minum sendiri cocok bagi kamu yang gemar membeli kopi atau jenis minuman lain saat berada di luar.

3. Pisahkan beberapa jenis sampah

Memilah jenis sampah. Image by bluebudgie on Pixabay

Langkah satu ini bisa dilakukan untuk mendaur ulang sampah plastik dan menjadikan sisa makanan menjadi pupuk. Sekarang ini juga telah banyak orang kreatif yang membuat kerajinan tangan dari sampah ataupun barang bekas. Mungkin kamu juga bisa melakukannya. Apalagi kerajinan tangan yang terbuat hasil dari daur ulang bisa juga diuangkan lho.

4. Batasi pembelian online

Berbelanja. Photo by rawpixel on Unsplash

Kurangi pembelian online bisa mengurangi penggunaan plastik. Apalagi saat ini dalam pengiriman barang telah banyak plastik yang digunakan dan berakhir di tempat pembuangan.

5. Hindari menggunakan sedotan

Sampah platik. Image by stux on Pixabay

Hindari menggunakan sedotan merupakan salah satu hal sederhana yang bisa dilakukan. Saat ini telah ada sedotan stainless steel yang dijual salam berbagai ukuran termasuk juga untuk jenis minuman bubble tea.

Apakah Cakap People termasuk seorang pecinta lingkungan? Jika iya tunjukkan kepedulianmu dengan mengurangi penggunaan plastik mulai dari sekarang ya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Keren, 5 Kampus Ternama Tanah Air Masuk Daftar Universitas Top Asia Pasifik!

Pesawat Jatuh di Kolombia, Tak Satu pun Selamat