in

Keren! Peneliti Temukan Teknologi Mengecas dalam Hitungan Detik

CakapCakap – Perangkat smartphone kini telah menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan setiap manusia. Fungsinya tak lagi hanya sebatas perangkat komunikasi, tetapi juga bisa membantu pemiliknya dalam berbagai aktivitas sehari-hari. Cakap People sendiri tentu sudah merasakannya, dan bahkan tidak hanya punya satu gadget, melainkan dua atau mungkin tiga. Namun, terkadang ada masalah pula ketika harus mengisi daya baterai gadget yang membutuhkan waktu cukup lama.

Peneliti telah menemukan teknologi mengecas baterai dalam hitungan detik. Via infokomputer.grid.id

Sebenarnya sekarang sudah ada teknologi fast charging yang mampu memangkas waktu pengisian hingga kurang dari satu jam. Selain itu, ada pula cara pengisian daya nirkabel. Namun, kini juga telah ditemukan teknologi yang lebih canggih, yakni mengecas hanya dalam hitungan detik, seperti dimuat dalam laman Beritagar.id. Para peneliti College of Engineering di Drexel University, Philadelphia, AS yang dipimpin oleh Yury Gogotsi PhD berhasil menciptakan desain elektroda baru dari bahan dua dimensi sangat konduktif disebut ‘MXene’, yang memungkinkan proses pengecasan secara kilat.

“Laporan kami menolak dogma yang diterima secara luas bahwa penyimpanan muatan kimiawi, yang digunakan pada baterai dan kapasitor semu, selalu jauh lebih lambat daripada penyimpanan fisik yang digunakan pada kapasitor lapis ganda elektrik, yang juga dikenal sebagai superkapasitor. Kami menunjukkan pengisian elektroda tipis MXene dalam puluhan milidetik. Hal ini dimungkinkan karena konduktivitas elektronik MXene yang sangat tinggi,” ungkap Gogotsi memberikan penjelasan.

Yury Gogotsi PhD yang memimpin tim peneliti dalam penemuan teknologi mengecas baterai dalam hitungan detik. Via mrc.org.ua

Menurut laman Liputan6.com, MXene adalah hidrogel yang terselip di antara logam oksida. Material ini sangat konduktif, seperti tembaga dan aluminium yang digunakan di kabel listrik. Sifat konduktif ini sangat penting, karena memungkinkan ion melewati dengan sangat cepat. MXene membuat jalur ion menuju ke port lebih banyak, sehingga memungkinkan ion sampai ke port pengisian dengan jauh lebih cepat. Selain itu, ada lebih banyak superkapasitor, sehingga tingkat efisiensinya semakin baik.

Dalam uji coba, baterai iPhone bisa terisi penuh dari keadaan kosong hanya dalam waktu 59 detik. Selain itu, MXene juga bisa diaplikasikan untuk baterai laptop dan baterai mobil. Meski demikian, pengaplikasiannya secara massal masih sulit, dibutuhkan beberapa tahun lagi untuk penelitian dan kesiapan industri untuk produksi masal. Keren kan, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Honda Punya Deretan Motor Baru Sepanjang 2018, Ini Dia!

Sudah 12 Tahun, Pluto Bakal Kembali Dinobatkan Jadi Planet?