in

Kenali Dirimu, Maka Kamu akan Jatuh Hati pada Duniamu

Belajar melihat lebih luas. Jangan terlalu fokus dengan apa yang diinginkan, tapi pertama fokus ke diri kita sendiri untuk mengetahui potensi apa yang kita miliki. Bisa jadi kita melihat terlalu jauh kedepan padahal ada sesuatu yang lebih baik untuk kita.” –Widya Pratiwi M, Mahasiswa, 22 tahun, Universitas Hasanuddin Makassar-

CakapCakap – Keinginan merupakan salah satu hak yang dimiliki oleh setiap umat manusia. Hal tersebut adalah hal lumrah yang pasti dimiliki oleh setiap orang. Tapi karena hal tersebutlah, terkadang kita justru tak bisa melihat hal-hal terdekat yang ada disekitarnya.

Widya mencintai kesenangannya menari. (Foto : Muh. Rezky Ariansyah/cakapcakap)

Begitupun dengan seorang Widya Pratiwi M (22 Tahun), seorang mahasiswa tingkat akhir di Universitas Hasanuddin Makassar yang saat ini sedang sibuk dalam menyelesaikan skripsinya. Namun, ia masih sempat meluangkan waktu untuk berbagi cerita dengan Cakap Team.

Widy, panggilan akrabnya, merupakan seorang mantan ketua dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Tari Unhas, bercerita sedikit tentang bagaimana dia sampai akhirnya bisa jatuh cinta dengan UKM Seni Tari Unhas.

“Awalnya saya justru tertarik ingin masuk ke UKM PSM Unhas, karena memang PSM Unhas itu sudah terkenal dan sering bertanding ke luar negeri. Makanya saya berpikir keren kalau saya bisa masuk kesana. ” Ujarnya sambil mengenang kembali.

Widy pun melanjutkan bahwa dia bahkan sudah sempat mengikuti audisi tahap pertama seleksi masuk UKM Paduan Suara itu dan lolos ke tahap kedua. Hanya saja, pada tahap pertama tersebut, dia melihat banyak hal yang tidak cocok dengannya sehingga dia memutuskan untuk berhenti mengikuti proses audisi UKM tersebut.

Saat masa kekosongan itulah, Widy berpikir untuk mencari sebuah unit kegiatan lain sebagai tempatnya untuk mengembangkan diri. Disitulah dia bertemu dengan salah satu temannya semasa SMA yang merupakan anggota dari UKM Seni Tari Unhas saat itu.

“Saya diajak masuk ke UKM Seni tari Unhas karena memang dari kecil saya sudah sering menari. Dari SD saya sering menari sampe SMA. Cuman saya tidak tertarik masuk ke UKM tari, karena saya menari hanya sebagai hobi.”

Selama mengikuti audisi UKM seni tari, Widy tidak merasakan hal yang sulit untuk mengikuti seluruh tahapannya karena latar belakangnya yang sedari dulu memang sering menari. Dia bercerita bahwa tidak ada kesan menarik saat audisi tersebut.

Tapi, setelah berhasil masuk dan lolos menjadi salah satu anggota dari UKM Seni Tari Unhas, dia justru merasa nyaman dengan lingkungan dan orang-orang didalamnya. Widy merasa mendapatkan keluarga baru dari sana. Sampe akhirnya dia berhasil ditunjuk sebagai ketua UKM Seni Tari Unhas dan sering mendapat panggilan job dari kesenangannya menari itu.

Dari hal tersebutlah, Widy mendapatkan pelajaran baru dalam hidupnya untuk tidak melihat segala sesuatu dari satu arah karena bisa saja, apa yang diinginkan belum tentu sesuai dengan diri kita sendiri.

“Belajar melihat lebih luas. Jangan terlalu fokus dengan apa yang diinginkan, tapi pertama fokus ke diri kita sendiri untuk mengetahui potensi apa yang kita miliki. Bisa jadi kita melihat terlalu jauh kedepan padahal ada sesuatu yang lebih baik untuk kita.” Pesannya sambil menutup perbincangan.

Steve Jobs pernah berkata: “The only way to do great work is to love what you do.” Inilah bukti bahwa orang-orang yang sukses tak hanya melakukan apa yang mereka sukai, tapi mereka jatuh cinta pada apa yang saat ini mereka kerjakan, apa yang menjadi hobi dan minat mereka. That’s the passion!

Penulis : Muh. Rezky Ariansyah

Foto      : Muh. Rezky Ariansyah

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Tidak Hanya Daun Katuk, 3 Makanan Ini Juga Bisa Lancarkan Produksi ASI loh!

Super Inspiring! Wanita Mantan Buruh Pabrik Ini Kini Punya Harta Rp64 Triliun