in ,

Jika Ingin Kehidupan yang Damai dan Bahagia, Tinggalkan Orang dengan 7 Perilaku Toxic Ini

Perilaku toxic (beracun) dapat menyedot energi dan kebahagiaan yang ada dalam diri kita.

CakapCakapCakap People! Perilaku toxic (beracun) dapat menyedot energi dan kebahagiaan yang ada dalam diri kita. Sikap negatif ini membuat kamu meragukan rasa realitas, logika, dan bahkan kewarasan kamu. Perilaku itu dapat mengancam martabat dan merusak kepercayaan diri kamu.

Jadi, jika kamu ingin melindungi diri dari semua ini dan menjalani kehidupan yang damai dan bahagia, pastikan bahwa kamu tidak pernah mentolerir orang yang berperilaku toxic berikut ini:

1. SCAPEGOATING

Ilustrasi. [Foto: Unsplash]

Individu yang tidak dewasa, manipulatif, egois, dan licik hampir tidak pernah bertanggung jawab atas tindakan mereka. Mereka dapat membuat kesalahan dan melukai perasaan kamu berkali-kali, tetapi mereka tidak akan pernah menyerah atau meminta maaf padamu untuk itu. Mereka akan melakukan segala cara untuk menyalahkan kesalahan dan perilaku buruk kamu dan membuat kamu meminta maaf untuk hal-hal yang bahkan bukan kesalahan kamu.

2. KONTROL (MENGENDALIKAN)

Ilustrasi. [Foto: Unsplash]

Kontrol itu bisa datang dalam berbagai bentuk. Ketika seseorang mencoba untuk memaksakan ide dan kepercayaan mereka padamu, atau ketika mereka tidak mengizinkan kamu untuk mengekspresikan pendapat, rasa suka, dan tidak suka kamu, atau ketika mereka tidak memungkinkan kamu untuk menjadi diri kamu sendiri di sekitar mereka, atau ketika mereka membuat kamu ragu akan persepsi, perasaan, dan kewarasan kamu sendiri — ini semua adalah bentuk kontrol.

Jika kamu melihat seseorang mencoba melakukan kontrol padamu, pastikan kamu memberi tahu mereka bahwa kamu adalah orang yang mandiri, kuat, dan percaya diri dan kamu tidak memiliki niat untuk menahan diri dengan perilaku mengendalikan mereka.

3. KURANGNYA EMPATI DAN KASIH SAYANG (LACK OF COMPASSION)

Ilustrasi. [Foto: Unsplash]

Hidup memang sulit, jadi tidak perlu mempersulit dengan mengelilingi diri kamu dengan orang-orang yang tidak mampu merasakan empati dan kasih sayang. Orang yang tidak mampu memperlakukan orang lain dengan hormat, baik hati, dan bermartabat. Orang yang hanya mencintai dan peduli pada diri mereka sendiri.

4. PERSISTENT NEGATIVITY

Ilustrasi. [Foto: Hello Sehat]

Sepanjang hidup kamu, kamu bisa bertemu dua tipe orang: mereka yang memancarkan energi positif dan membuat kamu merasa nyaman dengan diri sendiri dan orang-orang yang mengeluarkan energi negatif dan menyedot semua energi dan kebahagiaan dari kamu.

Orang-orang yang terus-menerus mengungkapkan pikiran negatif (persistent negativity) dapat merusak kesejahteraan mental dan emosional kamu dan mengganggu pertumbuhan pribadi kamu.

5. GASLIGHTING

Ilustrasi. [Foto: Freepik]

Gaslighiting adalah suatu bentuk pelecehan psikologis di mana seseorang menggunakan rasa tidak aman kamu sendiri dan keraguan diri untuk memanipulasi kamu sehingga meragukan perasaan kamu akan kenyataan, pikiran, perasaan, dan bahkan kewarasan. Mereka meyakinkan kamu bahwa suatu peristiwa tidak pernah terjadi atau bahwa beberapa kata tidak pernah diucapkan dalam upaya untuk membuat kamu mempertanyakan persepsi dan logika kamu sendiri.

6. IRI ATAS KESUKSESAN DAN KEBAHAGIAAN ORANG LAIN

Ilustrasi. [Foto: Freepik]

Mereka yang iri pada kebahagiaan dan kesuksesan kamu akan selalu mencoba untuk merusak prestasi dan kesuksesan yang kamu capai. Mereka akan melakukan segalanya dengan kekuatan mereka untuk membuat kesuksesan kamu tampak seolah-olah itu bukan pencapaian besar. Mengapa?

Karena dengan merusak kesuksesan kamu, mereka membuat diri mereka merasa dan terlihat lebih unggul daripada orang lain.

7. MENGKRITIK DAN MENGUNGKIT KEKURANGAN ORANG LAIN

Ilustrasi. [Foto: Freepik]

Mengitari diri kamu dengan orang-orang yang mengkritik penampilan kamu, terus-menerus menunjukkan rasa tidak aman dan ketakutan kamu, atau suka menceritakan kisah-kisah memalukan tentang kamu kepada orang lain dapat sangat memengaruhi cara kamu memandang diri sendiri dan merusak harga diri kamu.

Cakap People! Yang harus selalu kamu ingat adalah bahwa mereka yang benar-benar mencintai kamu dan peduli pada kamu tidak akan pernah fokus pada kelemahan dan ketidaksempurnaan kamu. Sebaliknya, mereka akan selalu fokus pada kualitas yang kamu miliki.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Berikut Rempah Dapur yang Bisa Bantu Turunkan Kolesterol!

Twin Flames dan Soulmates: Pasangan Mana yang Sudah Kamu Temukan?