in

Jelang Iduladha, Ini 5 Tips Mengolah Daging Kurban Menjadi Empuk

Apa saja tipsnya?

CakapCakapCakap People! Bagaimana cara mengolah daging agar menjadi empuk dan lezat? Seperti diketahui, saat Hari Raya Iduladha tiba, ada banyak jenis hidangan dari berbagai daging qurban, baik sapi, kerbau, domba, atau kambing. Namun, seringkali kita sulit untuk mengolahnya menjadi kuliner yang empuk dan lezat.

Meski begitu kamu tak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk mengolahnya menjadi kuliner yang empuk dan lezat. Mulai dari cara memotongnya dan merendamnya dengan berbagai macam cara.

Jelang Iduladha, Ini 5 Tips Mengolah Daging Kurban Menjadi Empuk
Ilustrasi Daging

Berikut adalah tips mengolah daging agar empuk yang bisa kamu coba.

1. Potonglah Daging Secara Berlawanan

Seperti yang kita ketahui daging merah seperti, sapi, kambing, dan domba, bahkan kerbau memiliki serat. Jika kamu ingin mengolahnya, cobalah untuk memotong secara berlawanan dari arah serat daging tersebut.

Hal ini bermanfaat untuk memendekkan serat yang terdapat pada daging. Dengan cara ini, daging akan lebih cepat empuk dan mudah dikunyah.

2. Potong Daging Kecil-kecil

Tips berikutnya adalah, memotong daging kecil-kecil. Tujuannya, hampir sama dengan memotong daging secara berlawanan. Selain mudah diolah, hal ini akan membuat daging lebih lezat untuk disantap, karena bumbu marinasi dapat menyerap sempurna.

3. Bungkuslah Daging dengan Daun Pepaya

Menurut sebuah penelitian, daun pepaya dapat membuat daging menjadi empuk, hal ini dikarenakan daun pepaya mengandung zat papain, yang mampu memecah protein. Bungkuslah daging dengan daun pepaya selama 30 menit, semakin lama kamu membungkusnya maka daging akan semakin empuk.

4. Merendam Daging dengan Nanas

Nanas adalah buah yang bisa membantu kamu untuk mengolah daging menjadi empuk. Kamu bisa menghaluskannya terlebih dahulu buah nanas tersebut dengan cara diparut atau diblender. Setelah itu, kamu bisa melumurinya ke semua bagian atau merendam daging buah tersebut selama 30 menit.

Menurut laman Healthline, buah nanas memiliki zat enzim bromelain yang berguna untuk memecah molekul protein pada daging, sehingga dapat membuat daging menjadi empuk.

5. Rendamlah Daging dengan Teh

Tips yang terakhir adalah merendam daging dengan air teh. Menurut laman Times of India, teh mengandung zat tanin yang mampu melunakkan daging. Agar hasilnya maksimal, pilihlah teh yang berwarna hitam, yang memiliki kadar tanin tinggi.

Rendamlah daging ke dalam teh yang baru kamu seduh, jika ingin memiliki rasa, kamu bisa menambahkan bumbu sesuai selera kamu.

SUMBER ARTIKEL

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Film Ipar adalah Maut, Ini Sinopsis dan Para Pemerannya

Film Ipar adalah Maut, Ini Sinopsis dan Para Pemerannya

Jokowi Salurkan 68 Ekor Sapi untuk Idul Adha 1445 H, Beratnya Capai 1 Ton

Jokowi Salurkan 68 Ekor Sapi Kurban untuk Iduladha 1445 H, Beratnya Capai 1 Ton