in ,

Jokowi Salurkan 68 Ekor Sapi Kurban untuk Iduladha 1445 H, Beratnya Capai 1 Ton

Adapun 68 ekor sapi itu disalurkan ke setiap provinsi di Indonesia, Masjid Istiqlal, hingga OIKN

CakapCakapCakap People! Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyalurkan 68 ekor sapi sebagai hewan kurban untuk Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah. Adapun 68 ekor sapi itu disalurkan ke setiap provinsi di Indonesia, Masjid Istiqlal, hingga Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

Jokowi Salurkan 68 Ekor Sapi Kurban untuk Iduladha 1445 H, Beratnya Capai 1 Ton
Sapi simental bernama ‘bule’ dengan berat 1,1 ton yang menjadi hewan qurban dari Presiden Joko Widodo di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu 8 Juni 2024. [KOMPAS.COM/AJI YK PUTRA]

“Saya bersama Bu Deputi bersama Pak Karo berkoordinasi dengan seluruh para gubernur, Pj Gubernur untuk menyampaikan bantuan penyerahan kemasyarakatan Presiden berupa sapi dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1445,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat 14 Juni 2024.

“Jumlahnya adalah semua provinsi mendapatkan satu, termasuk OIKN 1 dan beberapa arahan khusus Bapak Presiden,” sambungnya.

Dari total 68 sapi kurban, Jokowi menyalurkan 38 ekor untuk pemerintah provinsi seluruh Indonesia. Kemudian, 1 ekor sapi untuk Masjid Istiqlal dan 1 ekor sapi untuk OIKN.

Selanjutnya, 1 ekor sapi untuk masjid tempat Jokowi melaksanan salat Idul Adha. Selain itu, Jokowi juga menyalurkan 27 ekor sapi untuk tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat pemprov Kalimantan Timur, serta masjid dan pondok pesantren sekitar IKN.

“Mungkin termasuk beberapa nanti di OIKN sesuai arahan beliau (Presiden) kita tambahkan sapi, termasuk juga sapi ketika beliau akan solat Idul Adha yang kemungkinan sedang dibahas tempatnya di mana,” jelas Heru.

Menurut dia, sapi yang disumbangkan Jokowi memiliki berat 800 kilogram hingga 1 ton. Jenis sapi yang disumbangkan bervariasi mulai dari, simmental, pranakan ongole, brangus, bali, hingga limosin.

“Jadi kurang lebih artinya, lebih dari 36 sapi yang beratnya bermacam-macam. Jadi bervariasi dari 800 sampai 1 ton,” ujar dia.

Klik DI SINI untuk melanjutkan membaca, Cakap People!

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Jelang Iduladha, Ini 5 Tips Mengolah Daging Qurban Menjadi Empuk

Jelang Iduladha, Ini 5 Tips Mengolah Daging Kurban Menjadi Empuk

Sweet Home 3

Bakal Jadi Season Terakhir, Ini Sinopsis dan Jadwal Tayang Sweet Home 3