in

Jarang Diketahui, Begini Trik Jitu Memperkuat Sinyal Ponsel

CakapCakap – Ketika berada dalam perjalanan atau tengah mudik, banyak yang mengeluhkan lemotnya sinyal. Termasuk Cakap People? Nah, hal ini juga berlaku saat kamu berada di lokasi asing ataupun daerah yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya.

Selain menjaga agar komunikasi tetap lancar selama dalam perjalanan, kamu pasti juga membutuhkan sinyal yang kuat. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan sinyal yang kuat sebagai berikut.

Ilustrasi sinyal.
Gambar oleh 
rawpixel dari Pixabay 

Kunci Jaringan

Langkah pertama adalah dengan cara mengunci jaringan atau sinyal. Kamu bisa menentukan untuk mengunci sinyal ponsel seperti 2G only (GSM, 3G only (WCDMA) ataupun dengan 4G only (LTE). Adapun pengaturan untuk penguncian sinyal bisa dilakukan di menu pengaturan.

Mengunci jaringan atau sinyal diharapkan dapat membuat sinyal menjadi lebih stabil dan diyakini juga dapat menghemat penggunaan baterai karena ponsel tidak perlu mencari jaringan yang berbeda-beda. Alhasil, konsumsi baterai bisa lebih irit dan pastinya tidak boros.

Aktifkan Modus Airplane

Selain cara di atas, kamu juga bisa memperkuat sinyal ponsel dengan cara mengaktifkan mode airplane. Langkah ini bisa dilakukan selama beberapa detik untuk menyegarkan kembali sinyal ponsel agar tidak lemot.

Ketika kamu mendapati sinyal ponsel memburuk, segara aktifkan modus airplane selama kurang lebih 3 detik saja. Selanjutnya matikan lagi modus airplanenya dan coba ponsel kamu untuk telepon ataupun berkomunikasi.

Ilustrasi sinyal pada ponsel.
Gambar oleh Jan Vašek dari Pixabay 

Jika kamu sedang berada di dalam rumah dan suara putus-putus ketika sedang menelepon, kamu bisa membuka jendela dan berdirilah didekatnya. Semantara jika kamu menelepon saat sedang dalam perjalanan, kamu bisa membuka jendela mobil.

Langkah ini dilakukan supaya sinyal yang di pancarkan dari luar dapat tertangkap oleh ponsel tanpa harus menembus halangan. Apalagi, kamu harus tahu jika body mobil dari bahan logam merupakan bahan yang sulit untuk ditembus sinyal seluler.

Sinyal ponsel yang buruk memang sangat menjengkelkan, namun dengan cara di atas, kamu bisa mendapatkan kembali sinyal ponselmu. Selain itu jangan lupa untuk mengecek sisa kuota ya, Cakap People! Jangan sampai kamu kehabisan kuota dan membuatmu tidak bisa berkomunikasi dengan keluarga ataupun teman.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Lebih Ampuh dari Kemoterapi, Lemon Ternyata Mampu Mengatasi Kanker

Tak Disangka, Pemilu Indonesia Terbesar Ketiga di Dunia