in ,

Perjalanan Jauh Harus Bawa 2 Ban Cadangan, Perlukah?

CakapCakap – Perjalanan jarak jauh dengan mengendarai mobil sendiri tentu diperlukan persiapan yang khusus dan matang. Cakap People harus memperhitungkan semua hal yang bisa saja terjadi selama dalam perjalanan. Misalnya, ban kempes atau bocor di jalan, dan terjadi di kawasan yang sangat jarang ditemui bengkel. Jika hal ini yang terjadi, maka ban cadangan atau ban serep menjadi sangat penting. Makanya, setiap mobil memiliki ban serep untuk mengantisipasi kemungkinan itu.

Ban cadangan atau ban serep sangat penting dalam perjalanan jarak jauh. Via tribunnews.com

Namun, perlukah untuk membawa dua ban serep dalam perjalanan jarak jauh? Memang ada pemilik mobil yang berpikir untuk membawa dua ban serep untuk memudahkan penggantian jika terjadi masalah ban kempes atau bocor di jalan. Namun, menurut instruktur senior Indonesia Road Safety (Irsa) Poedyo Santosa, ini tentu kurang efektif karena akan mengurangi ruang bagasi untuk barang bawaan. “Jika tetap mengharuskan membawa dua ban cadangan harus lebih diperhitungkan selama perjalanan jarang ditemui bengkel,” ungkap Poedyo memberikan komentar di laman Okezone.com.

Dia pun mengingatkan bahwa ban serep biasanya berukuran lebih kecil dari standarnya, sehingga tak dianjurkan untuk digunakan dalam waktu lama atau jarak jauh. Sesuai fungsinya, ban serep hanya digunakan untuk membantu kendaraan menuju bengkel terdekat. “Idealnya ban serep itu berfungsi untuk membantu sementara ban mobil yang bocor hingga menemukan bengkel terdekat. Ban serep yang biasa ukuran lebih kecil dari normal tidak direkomendasikan untuk digunakan jarak jauh,” ucapnya.

Ban cadangan harus sama ukurannya dengan ban utama. Via belionderdil.co.id

Namun, menurut Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 pasal 47 ayat 1 dan 2, kini ban serep sudah ada aturan baru, seperti dilansir laman Liputan6.com. Aturan itu menuliskan tentang syarat mengenai ukuran ban cadangan yang harus seragam dengan ban utama. Jika terpaksa menggunakan ban dengan lebar tapak yang beda, pastikan diameternya tetap sama dengan ban lain, sehingga tidak memincangkan laju kendaraan apabila telah terpasang. Hal ini tentu saja juga harus menjadi perhatian bagi para pemilik mobil.

Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu mengecek tekanan angin pada ban serep. Saat Cakap People mengisi angin pada ban yang dipakai, isilah juga ban cadangan dengan tekanan udara hingga 60 psi.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

4 Cara Melakukan Gaya Hidup Sehat Setelah Menikah

Jangan Anggap Remeh Kondisi Busi Sepeda Motor! Begini Akibatnya