in

Jangan Konsumsi 3 Minuman Ini Setelah Kadaluwarsa, Bisa Berbahaya!

Hindari mengonsumsi minuman yang sudah kadaluwarsa ya

CakapCakap – Ketika Cakap People hendak membeli sebuah produk makanan maupun minuman, maka cobalah untuk membaca tanggal kadaluwarsa produk tersebut. Sebab akan sangat baik jika kamu tak mengonsumsi makanan atau minuman yang sudah melewati tanggal kadaluwarsa. Tentu ada alasannya, sebab tingkat kesehatan serta kesegaran dari produk tersebut telah menurun.

Perlu kamu ketahui jika tanggal kadaluwarsa berdasarkan dengan kualitas produk, bukannya risiko kontaminasi. Maka dari itu, sebaiknya hindari produk-produk berikut ini jika sudah lewat tanggal kadaluwarsanya!

1. Jus sayur

Jus sayuran yang 100% tanpa campuran via Food.detik.com

Apabila jus sayur dibuat memakai 100% sayuran tanpa campuran, maka jangan mengonsumsinya jika sudah kadaluwarsa. Jus buah memiliki sifat yang cenderung asam, sebut saja tomat, apel, anggur hingga jeruk. Asam sendiri merupakan perlindungan yang cukup baik pada patogen bawaan makanan. Dengan zat asam tersebut maka bakteri akan cukup susah guna bertahan hidup. Jika jus sayuran segar tak dicampuri dengan jus buah, maka ia mempunyai kemungkinan lebih besar untuk terkontaminasi kala melewati waktu kadaluwarsanya. Alhasil memang tidak aman guna diminum.

2. Minuman pasteurisasi dingin

Jus dalam kemasan via Journal.sociolla.com

Ada yang bisa menebak apa saja jenis minuman pasteurisasi dingin tersebut? Contohnya ialah cold pressed juice yang sering kamu jumpai di supermarket maupun mall. Pasteurisasi dingin tersebut akan membunuh bakteri yang ada dalam makanan tanpa memakai panas. Sebab sejatinya ada beberapa metode pesteurisasi dingin, namun proses tekanan tinggi atau high pressure processing merupakan yang sering digunakan untuk jus segar. Namun minuman yang melalui proses pasteurisasi dingin tak terlalu efektif, sehingga usia penyimpanannya juga terbilang pendek. Apalagi jika memiliki kandungan buah di dalamnya.

3. Jenis minuman mentah

Susu segar via Kedaimilimilk.com

Perlu kamu ketahui bahwa E. Coli merupakan patogen yang sering dihubungkan dengan minuman yang tak melewati proses pasteurisasi, namun bukanlah satu-satunya. Jadi susu yang tak melalui proses pasteurisasi maka dapat memicu tumbuhnya listeria, meskipun diletakkan dalam lemari es. Nah, listeria tersebut akan menimbulkan tremor, sakit kepala, diare, demam, tegang di leher hingga mual. Dengan pasteurisasi maka patogen bisa terbunuh, caranya dengan memanaskan susu maupun minuman lain dengan suhu yang lebih tinggi dibanding bakteri.

Itu dia beberapa minuman yang jangan dikonsumsi ketika sudah melewati masa kadaluwarsanya. Selain itu Cakap People juga harus berhati-hati jika hendak membeli minuman yang tak diletakkan pada tempat yang seharusnya. Misalnya saja seharusnya minuman tersebut disimpan pada lemari es dengan suhu 38-40 derajat Celcius, namun tidak demikian. Sebab minuman yang tak berada di tempat seharusnya bisa memicu pertumbuhan bakteri yang lebih mudah.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Wow! Sistem Bank Mandiri Error, Tabungan Nasabah Tiba-Tiba Bertambah Rp 95 Juta

Congrats! Inilah Dua Startup Pemenang The NextDev Talent Scouting Makassar