in ,

Jangan Dipercaya, 3 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Cuma Mitos!

Mitos seputar tidur yang tidak benar adanya

CakapCakap – Tidur menjadi sebuah kegiatan harian untuk merileksasi tubuh setelah lakukan sederet rutinitas. Tapi tahukah Cakap People jika ada beberapa hal yang sebenarnya salah untuk dilakukan sebelum tidur. Sayangnya, hingga saat ini masih ada juga yang percaya dengan hal tersebut meski kebiasaan ini hanyalah mitos semata.

Mungkin saja satu dari kebiasaan tersebut pernah kamu lakukan, tapi tak disadari bila itu sekadar mitos. Lantas apa sih kebiasaan yang dimaksud? Berikut ulasannya yang bisa kamu simak.

Tidur larut malam dan bangun siang

Ilustrasi tidur via dream.co.id

Banyak orang yang beranggapan tidak masalah untuk tidur larut malam asal siangnya baru bangun. Kamu harus tahu jika hal yang satu ini bisa bikin waktu tidur kamu menjadi berantakan. Alhasil, kamu akan kesulitan untuk bisa tidur lebih awal serta bangun lebih pagi saat dibutuhkan. Bisa-bisa jam kerjamu jadi terganggu.

Nonton TV bisa bikin lebih mudah tidur

Ilustrasi nonton TV sebelum di tempat tidur via topmedia.co.id

Mitos yang selanjutnya adalah kebiasaan menonton televisi dengan kondisi TV yang dinyalakan. Beberapa orang berpendapat jika menonton TV bisa membuat lebih rileks dan mudah tidur. Padahal tayangan di TV justru bisa berperan sebaliknya yakni membuatmu susah tidur. Apalagi jika ada acara yang membuat rasa penasaranmu muncul hingga kamu memundurkan waktu tidur.

Dan lagi, paparan sinar biru dari televisi juga bisa membuat tidurmu menjadi terganggu sehingga tidur tidak akan rileks.

Mulai sekarang kamu bisa membiasakan diri untuk menghindari TV di waktu tidur. Selain televisi, ada baiknya jika kamu juga menghindari gadget pada jam tidur ya. Jangan sampai tidurmu tidak nyenyak hingga sulit untuk bangun pagi nantinya.

Konsumsi alkohol bikin tidur nyenyak

Ilustrasi minuman alkohol via alodokter.com

Kebiasaan mengonsumsi alkohol sebelum tidur sebaiknya segera dihilangkan. Alkohol sendiri memang bisa bikin seseorang menjadi lebih mengantuk. Namun, kamu juga harus tahu jika ada beberapa reaksi setelah mengonsumsi alkohol seperti stres hingga memacu denyut jantung menjadi lebih cepat.

Alkohol juga mengandung kafein yang sifatnya diuretik. Alhasil, kamu bakal buang air kecil berkali-kali sehingga tidur pun menjadi terganggu. Parahnya lagi, hal ini akan membuatmu tampak lesu di pagi hari. Berhenti dari alhokol untuk hidup yang lebih sehat ya.

Buat Cakap People yang ingin tidur nyenyak tanpa gangguan, yuk mulai hindari ragam kebiasaan tersebut di atas. Pastikan juga hindari pekerjaan berat atau main gawai milikmu sebelum tidur. Biar tidurmu berkualitas.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Spider-Man Keluar dari Marvel Jika Gagal Raih 1 Miliar Dolar AS, Benarkah?

Jangan Tunda Lagi, Ini 4 Momen Tepat Buat Putusin Pacar!