in ,

Inilah Makanan Khas Kota Jepara yang Tak Boleh Dilewatkan!

Cakapcakap – Apa kamu pernah mendengar nama kota Jepara? Kota yang merupakan tempat kelahiran RA Kartini ini memang sangat kaya, terlebih dalam bidang kuliner Cakap People. Mulai dari aneka camilan hingga makanan berat bisa kamu temukan dengan mudah di sana. Selain itu, Kota Jepara juga terkenal dengan ukiran kayu jati loh!

Jadi, jika kamu sedang singgah di Jepara maka rasanya akan kurang afdol tanpa mencicipi aneka sajian kuliner lezat di sana. Berikut beberapa rekomendasi makanan khas Jepara yang sayang untuk dilewatkan!

1. Rondo Royal

Cocok untuk camilan via Wisataku.id

Siapa yang bisa menebak terbuat dari apa camilan khas Jepara berikut ini? Ia terbuat dari tapai singkong yang melalui proses pelumatan, yakni dengan dicelupkan dalam sebuah adonan tepung basah, kemudian digoreng. Sensasi rasa yang timbul dari camilan ini ialah manis agak asam. Camilan berupa rondo royal khas Jepara berikut sangat pas disajikan bersama kopi atau teh hangat.

2. Pindang Serani

Ada pula di Betawi via Cookpad.com

Menu yang satu ini sebenarnya juga tersaji di Betawi. Namun pindang serani ala Jepara ini berbeda bahan dari pindang khas Betawi. Di mana pindang serani ala Jepara tidak menggunakan kecap, alhasil tampilan kuahnya jadi lebih jernih. Umumnya ikan pindang yang digunakan terlebih dahulu diawetkan dengan cara digarami. Ikan yang dipakai pun bervariasi, mulai dari ikan patin, bandeng, nila, kerapu hingga mujair. Bumbu yang digunakan dalam olahan ini pun lumayan banyak, seperti daun kemangi, laos, bawang putih, bawang merah, cabai, jahe, daun salam, tomat hingga belimbing wuluh dan masih banyak lagi.

3. Horok-horok

Dapat menjadi pengganti nasi via Infoterkiniku.com

Makanan berikut ini dibuat dari pati pohon aren yang diambil dengan disisir. Alhasil wujudkan berupa butiran yang hampir serupa dengan styrofoam. Setelah dimasak, maka horok-horok punya tekstur yang kenyal dan merupakan sumber karbohidrat yang bisa menggantikan posisi lontong maupun nasi. Biasanya horok-horok disantap bersama sayur pecel, bakso, satai kikil, gulai hingga soto. Selain itu ia juga dapat diberikan gula pasir serta santan loh!

Jadi saat Cakap People sedang melintasi Kota Jepara maka jangan lupa untuk mencicipi beberapa menu makanan di atas ya! Selain itu, kamu juga bisa mencoba menyantap ragam kuliner khas lain di kota tersebut yang tak kalah menarik. Sebab Jepara punya banyak variasi kuliner yang menggugah selera.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Ingin Percepat Metabolisme Tubuh? Gunakan Cara Ini!

Tidak Hanya Jet Pribadi, Ini Deretan Barang Mewah Putra Semata Wayang Sandra Dewi!