in

Inilah Alasan Mengapa Kamu Harus Sering Melakukan Family Time

Cakapcakap-  “Harta yang paling berharga adalah keluarga..” Cakap People! Kamu pasti sudah pernah mendengar penggalan lagu itu, bukan? Keluarga adalah segalanya. Tempat berpulang dalam semua kondisi. Susah, senang, tertawa dan bahagia.

Sayangnya, dengan berbagai kesibukan, jarak dan rentang waktu membuat waktu bersama keluarga jarang terjadi.

Credit : pixabay

Padahal, menghabiskan waktu dengan keluarga juga dapat memberikan efek positif dan bahagia loh.

Family time tidak perlu dilakukan dengan berjalan-jalan ke tempat yang jauh atau mahal. Cukup dengan menghabiskan waktu seperti makan bersama, saling bercerita, menonton film di rumah, itu sudah cukup. Waktu bersama keluarga itu lebih berharga ketimbang harus memikirkan hal-hal ribet apa yang harus dilakukan saat bersama mereka. Setuju?

Nah, inilah alasan-alasan mengapa kamu harus sering-sering melakukan family time bersama keluarga :

1. Waktu Terus Berjalan, Begitupun Umur Manusia

Orangtua kamu akan semakin tua. (pexels/Noelle Otto)
https://www.pexels.com/photo/old-couple-walking-while-holding-hands-906111/

Kamu tidak selamanya menjadi bayi atau berada pada umur yang sama, pun begitu orangtuamu. Mereka tidak akan selamanya menjadi muda, sehat dan dapat melakukan apa saja. Pun begitu saudara-saudaramu. Mereka tidak akan selamanya menjadi seorang kakak yang mudah diajak main atau adik yang lucu nan menggemaskan.

Orangtuamu akan semakin tua dan perlahan kehilangan tenaga. Kakak adikmu akan semakin dewasa dan memiliki dunia sendiri untuk mereka. Lakukan family time setidaknya agar kamu dapat memiliki memori tentang perkembangan mereka dan masa-masa menyenangkan bersama di setiap usia. Sehingga di kemudian hari kamu tidak akan terkejut ketika menyadari bahwa mereka bukan pribadi yang sama atau bahkan menyesal karena sudah tiada. Menghabiskan waktu sama halnya dengan menciptakan momen-momen manis bersama ayah, ibu, kakak dan adik atau salah satunya.

2. Anggota Keluargamu Mungkin Butuh Bercerita

http://Berkumpul%20bersama%20dapat%20menjadi%20media%20untuk%20saling%20bercerita%20dengan%20santai.%20(pexels.com/Lisa%20Fotios)

Ayah dan ibu mungkin perlu bercerita tentang pekerjaan kantornya untuk mengurangi tekanan dan beban yang mereka derita. Kakak dan adik mungkin perlu mencurahkan perasaannya tentang hal-hal di sekolah atau teman-teman mereka. Jadikan waktu bersama sebagai momen untuk saling berbagi cerita, mendengarkan secara saksama atau memberi saran, motivasi dan jalan keluar dari setiap masalah yang dimiliki oleh anggota keluarga.

Jika ada masalah antar anggota keluarga, menghabiskan waktu bersama juga dapat menjadi salah satu jalan mendapatkan penyelesaiannya. Terkadang sebuah masalah dapat diselesaikan hanya jika masing-masing pihak mau saling terbuka, mendengarkan, mengintropeksi diri sendiri dan memaafkan. Coba saja bayangkan kamu dan adikmu memiliki kesalahpahaman dan hanya saling diam terus menerus. Kapan mau selesai permasalahannya?

3. Sebuah Hubungan Harus Selalu Dirawat, Termasuk Keluarga

Meskipun darah lebih kental dari air, kehangatannya tetap harus dijaga. (pexels.com/Pixabay)
https://www.pexels.com/photo/man-beach-holiday-woman-39691/

Salah satu tujuan utama menghabiskan waktu bersama keluarga adalah agar hubungan kekeluargaan terus memiliki ikatan yang kuat. Supaya rasa saling memiliki selalu ada dalam hati setiap anggota keluarga. Selain itu, intensitas pertemuan yang tinggi dan seringnya melakukan sesuatu bersama-sama membuat setiap anggota keluarga juga akan lebih saling mengerti dan memahami.

Setiap anggota keluarga pun akan memiliki keyakinan bahwa keluarga akan selalu ada untuk mereka. Ayah dan ibu merasa anak-anaknya selalu menyayangi dan menghormati mereka dan sebaliknya, anak-anak akan selalu merasa orang tuanya memberikan perhatian untuk mereka. Hal ini memperkecil kemungkinan anak-anak akan mencari perhatian kepada orang lain.

Credit : Pixabay

Apapun yang terjadi, keluarga tetaplah keluarga. Kelebihan dan kekurangan setiap orang di dalamnya adalah sesuatu yang membuat hidup kamu berwarna. Sebawel apapun ayah dan ibu, semenyebalkan apapun kakak dan adik, pasti ada masa-masa ketika kamu merindukannya.

So, Cakap People! Kapan terakhir kali kamu melakukan family time bersama keluarga?

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Populer, Siapa Sangka 5 Artis Ini Mengalami Gangguan Mental

Tanpa Sadar Kamu adalah Pelaku Mom-Shaming Jika Lakukan Ini!