in ,

Inilah 5 Perlengkapan Penting untuk Berkemah, Apa Saja?

Berkemah bisa menjadi salah satu alternatif liburan

CakapCakapCakap People! Untuk kamu yang berkemah, ada sejumlah perlengkapan penting yang perlu dipersiapkan. Apa saja itu? Berkemah bisa menjadi salah satu alternatif liburan, baik bersama keluarga, teman atau diri sendiri. Nikmati alam bebas dan lepaskan diri dari dunia digital sejenak dapat memberikan pengalaman tersendiri. Tapi sebelum berpetualang di alam bebas pastikan membawa perlengkapan berkemah.

Beberapa tempat perkemahan kini sudah banyak yang menyediakan tenda dan perlengkapan lainnya. Tapi daftar perlengkapan ini membantu untuk memastikan tidak ada hal yang terlupakan, liburan berkemah pun aman, nyaman dan menyenangkan.

Inilah 5 Perlengkapan Penting untuk Berkemah, Apa Saja?
Ilustrasi

Berikut adalah deretan perlengkapan berkemah yang penting dibawa, seperti dikutip dari Travel and Leisure.

1. Perlengkapan Penting

Tenda tentu saja perlengkapan paling penting untuk liburan berkemah. Cari tenda yang kokoh dan tahan cuaca, yang dapat menampung beberapa orang serta perlengkapan lainnya seperti ransel dan kebutuhan lainnya. Sedangkan untuk memastikan tidak terbangun di tengah malam karena dingin dan tanah basah, bawa kantong tidur atau alas tidur.

Barang penting lainnya termasuk meja penahan angin, untuk melindungi tenda dari angin kencang dan mencegah api unggun padam. Selain itu, meja lipat ringan dan kursi kemah nyaman untuk bersantai di luar tenda.

2. Peralatan memasak

Setelah menyiapkan tempat tidur, selanjutnya adalah menyiapkan peralatan memasak untuk berkemah. Bisa membawa peralatan memasak dan peralatan penyajian khusus untuk berkemah yang cukup ringkas untuk dikemas di tempat perkemahan. Beberapa peralatan memasak lainnya termasuk wadah tahan dingin, penutup/pembuka botol, pemantik api untuk BBQ, dan spons pembersih.

3. Pentingnya kebersihan dan keselamatan

Sedangkan untuk menangani cedera ringan, luka atau alergi, sangat penting untuk selalu melengkapi diri Anda dengan kotak P3K. Selain itu bawa juga obat-obatan pribadi serta perlengkapan dasar seperti perban, kain kasa, antihistamin, dan ibuprofen, serta obat nyamuk untuk mengusir serangga dan nyamuk. Perlengkapan kebersihan lainnya termasuk pembersih tangan, sabun atau tisu antibakteri untuk membersihkan tangan sebelum dan sesudah makan, tisu gulung toilet, dan kantong sampah.

4. Perelngkapan lainnya

Berkemah juga membutuhkan beberapa peralatan lain yang mungkin suatu saat dibutuhkan, seperti cutter, kapak mini untuk memotong kayu hingga korek api dan peluit. Selain itu, perlengkapan perbaikan tenda, obor, lakban, dan tali juga berguna jika ada robekan kecil di tenda atau tiang patah.

Pastikan untuk menambahkan baterai ekstra, dan pengisi daya bertenaga surya agar semua perangkat tetap terisi daya selama berkemah. Bawa juga sepasang sarung tangan kulit tahan panas yang dapat digunakan untuk menggunakan peralatan masak panas dan kayu bakar.

5. Perlengkapan dan aksesoris pribadi

Selalu pertimbangkan iklim dan musim lokasi berkemah. Bawalah sepatu hiking yang dapat digunakan untuk berbagai medan. Terlepas dari prakiraan cuaca, dapat juga membawa perlengkapan termal untuk malam yang dingin dan jas hujan untuk hujan yang tidak terduga.

Perlengkapan pribadi yang juga penting lainnya termasuk botol air, topi untuk menghalau sinar matahri dan tabir surya. Sedangkan perlengkapan opsional lainnya termasuk senter atau teropon.

SUMBER ARTIKEL

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

6 Manfaat Buah Naga untuk Kulit: Tampak Bercahaya dan Awet Muda

6 Manfaat Buah Naga untuk Kulit: Tampak Bercahaya dan Awet Muda

Jelang Olimpiade Paris 2024: Mengenal 10 Makanan Khas Prancis

Sambut Olimpiade Paris 2024: Mengenal 10 Makanan Khas Prancis