in ,

6 Manfaat Buah Naga untuk Kulit: Tampak Bercahaya dan Awet Muda

Apa saja manfaatnya untuk kulit?

CakapCakapCakap People! Terdapat sejumlah manfaat buah naga untuk kulit kita, apa saja itu? Buah naga merupakan buah eksotik yang tinggi serat, rendah karbohidrat, dan kaya nutrisi seperti magnesium, fosfor, vitamin esensial, zat besi, asam lemak omega, dan antioksidan. Inilah sebabnya mengapa beberapa manfaat buah naga untuk kulit bisa Anda peroleh jika konsisten dimakan dan digunakan secara topikal.

Buah naga merupakan sumber vitamin C dan E yang baik, membantu melawan stres oksidatif, mengobati sengatan matahari, mencegah peradangan, memperkuat pelindung kulit, dan menjaga kelembapan kulit. Selain itu, konsumsi buah naga juga menawarkan manfaat kesehatan tertentu.

6 Manfaat Buah Naga untuk Kulit: Tampak Bercahaya dan Awet Muda
Ilustrasi Buah Naga

Manfaatnya yakni dapat mengurangi kadar kolesterol, kadar glukosa darah, dan tingkat tekanan darah tinggi. Meski belum terbukti, namun buah naga juga berpotensi mencegah risiko penyakit jantung sekaligus meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh, kesehatan mata, dan banyak lagi.

Mari mengenal lebih jauh tentang buah sederhana ini dan manfaatnya untuk kulit.

Nilai Gizi Buah Naga

Buah naga adalah buah padat nutrisi, dikemas dengan beberapa vitamin yang membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Berikut nilai gizi yang ditawarkan 100 gram buah naga:

Kalori: 60

Protein: 1,2 gram

Lemak: 0 gram

Vitamin C: 3 persen dari RDI

Serat: 3 gram

Magnesium: 10 persen dari RDI

Besi: 4 persen dari RDI

6 Manfaat Luar Biasa Buah Naga untuk Kulit

Buah naga juga disebut sebagai “makanan super” karena memiliki profil kaya nutrisi yang mengandung beragam nutrisi makro dinamis seperti protein, karbohidrat, lemak, dan serat makanan. Buah ini juga gaya akan mikronutrien seperti vitamin dan mineral.

Berikut ini telah berbagai manfaat buah naga untuk kulit, seperti dikutip Pink Villa.

1. Melembabkan kulit

Buah naga terbukti mengandung air dalam jumlah yang sangat tinggi yaitu sekitar 80 persen dari total volumenya. Ia juga mengandung niacinamide atau vitamin B3 yang merupakan bahan perawatan kulit terkenal yang dikenal dapat mengunci kelembapan dan mencegah kehilangan air.

Ditambah lagi, sifat menghidrasi buah naga membantu mengisi kembali kulit kering dan menjaganya tetap lembut dan kenyal. Oleh karena itu, buah tropis ini dapat memberikan manfaat bagi kulit dengan menambah kelembapan dan menjadikannya lembut, kenyal, dan sehat.

2. Meratakan warna kulit

Kandungan vitamin C pada buah naga meningkatkan kesehatan kulit dengan mengurangi sintesis melanin dan meningkatkan pergantian sel, terutama produksi kolagen dan sel darah putih. Hal ini akan mengurangi kemerahan dan bekas luka pada kulit dengan cepat, sehingga membuat warna kulit kamu cerah dan merata.

3. Melawan jerawat

Kandungan niacinamide pada buah naga mungkin efektif mengurangi jerawat sedang jika dioleskan. Selain itu, penelitian yang dilakukan terhadap berbagai nutrisi buah naga menunjukkan bahwa magnesium bersama dengan vitamin C memiliki sifat anti-inflamasi dan zinc memiliki sifat antimikroba yang membantu mengatur jerawat. Oleh karena itu, buah naga mungkin bermanfaat untuk kulit berjerawat.

4. Memberikan sifat anti penuaan

Baik daging maupun kulit buah naga mengandung sejumlah anti oksidan yaitu vitamin C, beta-karoten, likopen, dan betalain. Antioksidan bertanggung jawab untuk melawan radikal bebas dan menunda kerusakan oksidatif pada sel kulit.

Dengan demikian, buah naga membantu menunda tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan, garis-garis halus, dan kulit kusam. Secara keseluruhan, terdapat berbagai manfaat anti penuaan kulit buah naga untuk kulit, oleh karena itu kamu harus menambahkannya ke dalam rutinitas perawatan kulit kamu.

5. Memberikan efek menenangkan

Vitamin dalam buah naga, terutama vitamin B3 dan vitamin C memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi yang kuat sehingga menambah efek menenangkan pada kulit. Oleh karena itu, mengoleskan buah naga pada kulit yang terbakar sinar matahari dapat mengurangi kemerahan dan rasa terbakar.

6. Memberikan perlindungan terhadap kerusakan akibat sinar matahari

Aktivitas antioksidan betasianin, vitamin C, dan beta-karoten dalam buah naga secara aktif melawan kerusakan akibat radikal bebas harian yang disebabkan oleh stres oksidatif pada kulit kamu yang disebabkan oleh sinar UV matahari yang berbahaya.

Hal ini mencegah kerusakan pada DNA, membran lipid sel, struktur kolagen, dan photoaging. Oleh karena itu, ini memastikan kulit kamu sehat selama bertahun-tahun yang akan datang.

SUMBER ARTIKEL

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

4 Manfaat Jahe untuk Kecantikan Kulit, Anti-aging hingga Hilangkan Bekas Luka Bakar

4 Manfaat Jahe untuk Kecantikan Kulit, Anti-aging hingga Hilangkan Bekas Luka Bakar

Inilah 5 Perlengkapan Penting untuk Berkemah, Apa Saja?

Inilah 5 Perlengkapan Penting untuk Berkemah, Apa Saja?