in ,

Ini Dia Penyebab Kaki Kram Saat Berenang dan Cara Mengatasinya!

Kurang pemanasan bisa menyebabkan kaki kram saat berenang

CakapCakap – Berenang adalah salah satu olahraga terbaik yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun seringkali ketika melakukan jenis olahraga ini akan muncul kendala seperti kram pada kaki. Umumnya kram kaki bisa melanda siapa saja, baik atlet atau orang biasa. Penyebab kaki kram sewaktu berenang ini pun cukup bervariasi Cakap People.

Tentunya kram kaki saat berenang bisa mengakibatkan hal yang cukup serius. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui apa sebenarnya penyebab kram kaki ketika berenang. Coba cari tahu jawabannya di ulasan berikut ini yuk!

1. Elektrolit dalam tubuh tak seimbang

Jangan lupa minum air saat olahraga via Halodoc.com

Ada yang tahu apa itu elektrolit? Ia adalah mineral yang terdapat dalam tubuh kamu. Biasanya elektrolit dijumpai pada cairan tubuh, darah, jaringan, urine hingga lainnya. Senyawa berikut ini berfungsi guna mendukung sekujur sistem tubuh, mulai dari aktivitas saraf, otak hingga otot. Jadi, jika elektrolit ini tak seimbang maka bisa memicu adanya kram pada otot, terlebih di area kaki.

Ketika seseorang melakukan olahraga maka ia juga akan keluar keringat bukan? Sehingga tubuh harus diisi oleh cairan supaya elektrolit dalam tubuh tetap imbang. Sebab jika kamu kurang minum sewaktu olahraga, misalnya saja berenang maka tubuh bisa kekurangan elektrolit dan mampu menyebabkan kaki kram.

2. Kurang pemanasan

Penyebab kaki kram saat berenang via Go-dok.com

Pemanasan adalah salah satu aktivitas penting yang perlu dilakukan sebelum melakukan olahraga. Sebab dengan pemanasan, maka cedera bisa terhindarkan. Apabila kamu tidak melakukan pemanasan maka bisa berakibat ke kram kaki. Perlu kamu ketahui jika saat sedang berenang, maka otot kaki akan membentuk sebuah garis kaku mulai dari bagian betis sampai jari-jari.

Hal tersebut dilakukan supaya gerakan kaki lebih maksimal. Tetapi kekakuan tersebut bisa berubah jadi kram lantaran otot kaki kurang lentur akibat tidak melakukan pemanasan sebelum berenang.Apabila kamu sudah melakukan pemanasan, maka biasanya otot akan jadi lebih lentur. Sehingga ia akan jadi lebih kuat saat gerakan menghentak seperti renang. Maka dari itu, jangan pernah lupa melakukan pemanasan ya.

Lantas, jika kaki sudah terlanjur kram apa yang bisa Cakap People lakukan? Kamu bisa memakai beberapa cara seperti meregangkan jari-jari kaki ka arah dagu atau atas, istirahatkan kaki sejenak di luar kolam, memutar bagian pergelangan kaki, hingga mengompres pergelangan kaki memakai kompres hangat lalu diganti dengan kompres es.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Cara Mudah Mengolah Daging Kambing Supaya Empuk dan Tak Bau!

Sempat Jadi Viral, Ini Sederet Fakta Enzo Akmil Blasteran Prancis-Indonesia