in

Ini Dia Beda Jengkol dan Petai dari Segi Manfaat, Apa Saja?

CakapCakap – Jika mendengar nama jengkol, apa yang pertama kali muncul dalam benak kamu? Kemungkinan aroma bau yang malah menggugah selera menjadi salah satu hal yang muncul dalam pikiran Cakap People. Selain jengkol, petai juga termasuk salah satu makanan yang bisa memicu bau mulut setelah dimakan.

Kendati demikian, namun kedua makanan ini juga memiliki banyak peminat loh! Bahkan masing-masing makanan tersebut memiliki manfaat masing-masing bagi kesehatan. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya, simak ya!

Petai

Manfaat petai bagi kesehatan via Journal.sociolla.com

Siapa yang sudah tahu apa saja nutrisi yang ada dalam petai? Di antaranya fosfor, vitamin A, karbohidrat hingga zat besi. Selain itu, kandungan mineral dalam petai jauh lebih tinggi daripada buah apel loh! Manfaat petai yang bisa kamu rasakan ialah mencegah beberapa penyakit seperti anemia, sembelit, hingga mencegah kamu dari gigitan nyamuk serta meminimalisir rasa gatal karena digigit oleh serangga. Namun caranya dengan menggosok kulit petai  pada kulit yang digigit serangga. Selain itu, makanan berikut juga bisa mencegah serta mengatasi stres. Petai pun dapat menjadikan BAB lebih lancar dan asam lambung bisa diturunkan.

Tetapi ingatlah, jika suatu hal yang dikonsumsi secara berlebihan itu tidak baik, termasuk pula petai. Ia dapat mengakibatkan masalah pada ginjal apabila kamu konsumsi terlalu berlebihan. Jadi, bagi penderita ginjal dianjurkan untuk tidak menyantap petai sama sekali. Petai juga bisa menyebabkan rematik, sakit kepala hingga meningkatkan asam urat.

Jengkol

Semur jengkol via Liputan6.com

Makanan yang satu ini mempunyai nama lain Archidendron Pauciflorum dan termasuk tumbuhan yang biasanya tumbuh di wilayah Asia Tenggara. Sebenarnya jengkol ini masih termasuk jenis polong-polongan dengan bentuk spiral. Warnanya jengkol agak mengkilap disertai lapisan kulit ari yang cukup tipis. Bukan rahasia lagi jika jengkol memang mempunyai aroma yang kurang sedap. Bahkan bisa menimbulkan bau kurang sedap pada urine setelah menyantapnya, apalagi jika kamu mengonsumsi makanan tersebut dalam kondisi mentah. Tetapi banyak juga yang mengolah jengkol jadi makanan dengan cita rasa lezat. Lantas, apa saja manfaat jengkol?

  1. Bisa memberikan pencegahan terhadap risiko serangan jantung koroner
  2. Membuat BAB lebih lancar
  3. Bisa mengusir racun berbahaya dalam tubuh, serta
  4. Mencegah penyakit kencing manis & diabetes.

Kendati punya manfaat yang cukup baik bagi tubuh namun kamu disarankan untuk tidak mengonsumsi secara berlebih sebab dapat menimbulkan efek samping. Selain bisa melancarkan BAB namun jengkol juga berpotensi menyebabkan sulit buang air kecil dilengkapi dengan nyeri. Untuk menghalau efek tersebut kamu disarankan untuk minum air putih yang lebih banyak.

Nah, Cakap People masih bisa mengonsumsi jengkol maupun petai. Namun sebaiknya jangan terlalu berlebihan ya! Selain itu, bagi kamu yang mengalami penyakit ginjal sebaiknya memasukkan petai ke dalam daftar makanan yang tak perlu dikonsumsi. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

MUI Putuskan Fatwa Haram Game PUBG Bulan Depan

Laris Manis! Bulu Mata Khas Indonesia Dipamerkan Hingga Italia