in ,

Ingin Turunkan Kadar Asam Urat? Begini Caranya!

CakapCakap – Apa kamu tahu apa yang disebut asam urat? Sebenarnya asam urat merupakan senyawa alami yang diproduksi oleh tubuh. Jika kadarnya normal, maka asam urat tak akan menimbulkan dampak apapun. Tetapi lain hal jika kadar asam urat dalam tubuh sudah melampaui batas. Mungkin Cakap People akan merasakan gejala-gejala yang terasa tidak nyaman.

Misalnya saja adanya rasa nyeri pada sendi hingga pegal-pegal. Jika kamu merasakan hal demikian maka bisa jadi jika kadar asam urat dalam tubuh sudah mulai berlebihan. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Kamu harus menurunkan kadar asam urat dengan serangkaian cara berikut ini!

1. Cukupi kebutuhan serat

Konsumsi buah-buahan kaya serat via Jendelacito.info

Serat tidak hanya membuat organ pencernaan jadi lancar. Melainkan ia juga bisa menjadi solusi bagi pasien asam urat. Jika serat masuk dalam tubuh, maka ia akan membantu menjaga kadar gula di dalam darah agar senantiasa stabil. Bahkan rasa kenyang pun akan tahan lebih lama berkat bantuan serat. Alhasil kamu akan terhindarkan dari konsumsi makanan yang berlebih. Maka dari itu jangan lupakan menu-menu yang kaya akan asupan serat, seperti buah dan sayuran.

2. Batasi konsumsi minuman dengan pemanis tambahan

Jangan terlalu banyak minum soda via Hellosehat.com

Hobi mengonsumsi jenis minuman manis? Maka sebaiknya mulai saat ini kamu mulai membatasinya. Sebab selain kebiasaan makan, pola minum  minuman yang ditambahkan oleh pemanis buatan juga bisa meningkatkan potensi bertambahnya kadar asam urat. Maka dari itu sebaiknya hindari minuman yang kaya akan pemanis buatan. Kamu disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi air putih saja.

3. Hindari makanan tinggi purin

Penyebab penyakit asma urat via Hellosehat.com

Asam urat bisa timbul akibat hasil metabolisme dari makanan yang punya kandungan purin tinggi. Misalnya saja seperti kembang kol, makanan laut, jeroan hingga jenis kacang-kacangan. Jika makanan yang dikonsumsi ini tak berlebihan maka purin yang ada dalam tubuh bisa keluar melalui urine. Tetapi apabila sebaliknya maka urine pun akan berlebih pula. Alhasil dapat menumpuk dan jadi kristal asam urat pada ginjal serta sendi. Akhirnya dapat memicu timbulnya radang sendi atau yang disebut gout artritis serta gangguan pada fungsi ginjal.

Nah, selain melakukan pembenahan dalam pola makan Cakap People juga harus menghindarkan diri dari stres. Sebab keadaan psikis juga bisa memengaruhi kadar urat seseorang. Pastikan jika kamu cukup tidur dan hindari kelelahan yang ekstra sebab hal tersebut bisa menimbulkan peradangan dalam tubuh. Jika ada peradangan maka secara otomatis akan meningkatkan potensi penggumpalan asam urat dalam tubuh kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Pertama di Dunia, Wanita Penderita HIV Ini Sukses Donorkan Ginjal

Cari Mobil Bekas Diesel di Bawah Harga Rp 150 Juta? Ini Daftarnya!