in ,

Ingin Sepeda Motor Panjang Umur? Begini Caranya!

CakapCakap – Bukan rahasia lagi jika sepeda motor termasuk salah satu transportasi andalan yang marak digunakan oleh mayoritas masyarakat di negara kita. Maka dari itu Cakap People harus senantiasa merawat sepeda motor supaya tetap prima. Kendati terdapat banyak sekali jenis sepeda motor, namun kurang lebih perawatannya sama.

Tak lupa kamu harus sering membawa kendaraan roda dua tersebut ke bengkel untuk servis. Sebab dengan servis maka kamu akan lebih mengenali adakah komponen yang rusak atau harus diganti. Hal ini tentu saja akan mencegah terjadinya kerusakan yang parah pada sepeda motor kamu. Selain itu, lakukan upaya berikut ini jika ingin sepeda motor tahan lama!

1. Baterai

Konsep motor dengan sistem injeksi via Moladin.com

Seiring dengan berjalannya waktu, sepeda motor memang kian mengalami pembaruan. Salah satunya ialah sepeda motor yang telah menganut sistem injeksi. Jadi bagi sepeda motor dengan adopsi sistem tersebut mempunyai fungsi baterai yang cukup penting, yakni guna mengendalikan aneka komponen listrik. Mulai dari kontrol bahan bakar, hingga perapian dan lainnya. Maka dari itu kamu sebaiknya tak menggunakan aksesori atau melakukan variasi berlebihan sebab dapat mengganggu peran dari baterai tersebut.

2. Cek pelumas atau oli mesin

Rutin ganti oli via Tribunnews.com

Kamu dianjurkan guna rutin mengecek keadaan pelumas maupun oli mesin tiap pagi sebelum menggunakannya untuk bepergian. Sebab oli mesin memiliki peranan yang terbilang penting guna menjaga komponen dalam motor. Tugas utamanya untuk memastikan jika mesin tak mengalami suatu gesekan secara berlebih yang bisa mengakibatkan usia komponen tak bertahan lama. Sebaiknya jangan sepelekan waktu ganti oleh. Jadi gantilah oli di jadwal yang telah ditetapkan.

3. Ban

Tekanan angin dalam ban via Autoexpose.org

Ban juga termasuk salah satu komponen yang cukup vital bagi sebuah kendaraan. Tekanan angin ban yang terlampau rendah bisa menjadikan ban rusak. Bahkan pengendalian pun juga dapat terasa lebih berat. Namun jika terlampau tinggi juga bisa mengakibatkan komponen kemudi mudah rusak. Buruknya pengendara juga akan merasa tak nyaman lantaran ban akan terasa terlalu keras.

Nah itu dia beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin sepeda motor beserta komponen di dalamnya jadi panjang umur. Selain itu Cakap People juga wajib memerhatikan waktu servis dan suku cadang yang digunakan. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Data-data Mencengangkan Dibalik 125 Juta Unduhan Aplikasi Gojek

Bertolak ke Abu Dhabi, Indonesia Raih 21 Medali Special Olympics