in ,

Ingin Tingkatkan Kemampuan Kognitif Otak? Begini Caranya!

CakapCakap – Apa Cakap People pernah mendengar kemampuan kognitif? Kognitif termasuk salah satu keterampilan yang cukup penting dalam menentukan kemampuan sosialisasi seseorang. Baik dalam lingkungan inti atau keluarga, sekolah hingga di lingkup pekerjaan. Kognitif ini perlu kamu perhatikan sebab ia menjadi penentu ke primaan kamu kala usia senja nanti.

Fungsi otak berikut ini biasanya akan terus mengalami penurunan perlahan-lahan menginjak usia yang makin bertambah. Umumnya penurunan tersebut dipicu oleh keadaan kesehatan masing-masing orang. Tetapi ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan guna meningkatkan kemampuan kognitif. Apa saja? Berikut ulasannya!

1. Interaksi sosial

Berinteraksi dengan rekan kerja via Dictio.id

Tahukah kamu jika ternyata rasa kesepian dapat membuat fungsi kognitif otak menurun? Bahkan terlalu menutup diri juga dapat membuat seseorang merasa sulit tidur, gampang stres, mudah sakit, risiko depresi meningkat serta tekanan darah berpotensi untuk meningkat. Hal-hal itulah yang kemudian bisa mengganggu fungsi kognitif otak. Maka dari itu sosialisasi penting kamu lakukan. Selain untuk menjaga silaturahmi juga demi meningkatkan fungsi kognitif otak kamu.

2. Lakukan aktivitas fisik secara rutin

Rutin olahraga via Health.detik.com

Berbekal sebuah penelitian di tahun 2013 lalu menjelaskan jika latihan fisik secara rutin bisa memberikan dampak yang positif pada peningkatan fungsi kognitif. Hal tersebut karena ketika kamu beraktivitas maka tubuh akan memproduksi suatu hormon tertentu yang dianggap baik dampaknya bagi kerja daya ingat. Tak hanya itu, hormon tersebut juga memberikan efek perlindungan pada kesehatan saraf dan berguna untuk membuat gen yang terlibat pembelajaran jadi aktif.

3. Melakukan meditasi

Upaya untuk lebih rileks dan fokus via Journal.sociolla.com

Tak ada salahnya jika kamu melakukan meditasi demi meningkatkan fungsi kognitif otak. Kamu dapat melakukan meditasi di ruang terbuka maupun tertutup. Sebab dengan meditasi maka kamu akan jauh lebih tenang secara batin dan emosi. Selain itu cara kerja otak pun juga akan jauh lebih positif. Menurut studi yang dilakukan oleh Rutgers University, dengan melakukan meditasi selama kurang lebih 30 menit yang diikuti dengan senam aerobik 30 menit dalam 8 minggu bisa membuat gejala depresi menurun sampai 40%. Bahkan kendali diri untuk tak merasa cemas dan memikirkan hal berbau negatif pun dapat lebih meningkat.

Nah jadi kamu jangan segan untuk meningkatkan serta menjaga fungsi kognitif otak. Sebab seiring dengan berjalannya waktu maka fungsi kognitif otak bisa menurun Cakap People. Jika ia semakin menurun maka bisa memicu beberapa penyakit yang berkaitan dengan daya ingat, seperti alzheimer, demensia, hingga stroke.

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Sama-Sama Hitung Cepat, Inilah Beda Quick Count dan Exit Poll yang Harus Kamu Tahu

Ingin Dapatkan Bentuk Tubuh Ideal? Pria Wajib Coba Latihan Fisik Ini!