in ,

Indonesia Punya 3 Rute Penerbangan Terpadat Sedunia, Mana Saja?

CakapCakap – Kita tidak bisa memungkiri bahwa hampir di seluruh kota besar di Indonesia, sudah ada bandar udara. Perjalanan menuju kota-kota kecil di daerah juga sudah bisa dilakukan menggunakan penerbangan pesawat perintis yang ukurannya lebih kecil dan kapasitas penumpang yang lebih sedikit. Alat transportasi udara ini memang sudah menjadi prioritas utama seluruh negara, untuk mendapatkan waktu perjalanan yang lebih singkat dibandingkan dengan alat transportasi lainnya, misalnya kereta api, mobil, maupun kapal laut. Dengan kebutuhan tersebut, ternyata rute penerbangan antar kota di Indonesia masuk di jajaran rute paling padat loh! Mana saja ya?

Cakap People, baru-baru ini Official Airline Guide (OAG) melakukan perhitungan jumlah penerbangan yang dilakukan di bandara seluruh dunia. Dan ternyata hasilnya, ada 3 rute domestik di Indonesia yang masuk dalam jajaran 20 rute terpadat dan tersibuk di dunia. Tidak dapat dipungkiri, penerbangan antar bandara di Indonesia sendiri punya kepadatan yang luar biasa, dan Indonesia masuk dalam salah satu negara yang punya penerbangan domestik terbanyak didunia.

Penerbangan Jakarta - Surabaya Paling Sibuk se-Indonesia
https://mmc.tirto.id/image/otf/500×0/2019/02/07/bandara-juanda-1-google-maps_ratio-16×9.jpg

Dalam laporan tersebut, disebutkan bahwa rute pesawat domestik yang paling sibuk dan padat di Indonesia adalah rute Soekarno-Hatta (CGK) di Tangerang – Juanda di Surabaya. Penerbangan yang membutuhkan jarak tempuh kurang lebih 2 jam ini tidak melewati pulau Jawa, dan masih dalam zona waktu yang sama. Penerbangan CGK-SUB menduduki peringkat ke-8 rute tersibuk di dunia. Dari perhitungan jumlah penerbangan selama Maret 2018 hingga Februari 2019, penerbangan di rute ini mencapai 37.762 kali.

Selain CGK-CUB, penerbangan antara bandara Soekarno-Hatta (CGK) di Tangerang dan bandara I Gusti Ngurah Rai (DPS) di Denpasar Bali menduduki peringkat 14 terpadat sedunia, dengan jumlah penerbangan sebanyak 31.958 kali dalam satu tahun terakhir. Dan kemudian, penerbangan antara bandara Soekarno-Hatta (CGK) di Tangerang dan Sultan Hasanuddin (UPG) di Maros Sulawesi Selatan menempati peringkat 18 tersibuk seduia dengan jumlah penerbangan sebanyak 18.903 kali dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

Bandara Tersibuk di Dunia
http://destinasian.co.id/id/wp/wp-content/uploads/munich-airport.jpg

Lalu mana saja sih rute penerbangan yang paling sibuk lainnya? Ternyata peringkat 5 besar dimiliki oleh rute Jeju – Gimpo, Melbourne – Sydney, Mumbai – New Delhi, dan Sao Paulo –  Santos Dumont. Di peringkat tersibuk yang dimiliki rute Jeju (CJU) – Gimpo (GMP), penerbangannya mencapai 79.460 kali dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Banyak sekali!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Catat! Makassar Ternyata Gelar 20 Agenda Wisata Unggulan Sepanjang 2019

Mari Berinvestasi Untuk Pendidikan Anak Melalui 3 Sarana Ini!