in ,

Hobi Sepeda Motor Trail? Ini Pilihan Ban Baru untuk Kendaraanmu!

CakapCakap – Banyak orang yang punya hobi mengendarai sepeda motor trail. Jenis sepeda motor petualang ini memang mampu meningkatkan adrenalin ketika membawanya melewati jalur-jalur sulit. Cakap People yang pernah mengendarai sepeda motor trail pasti sudah akrab dengan sensasi tersebut. Nah, karena jenisnya memang berbeda dengan sepeda motor pada umumnya, ban yang digunakan pun juga khusus. Salah satu pilihan ban untuk sepeda motor trail adalah merek Dunlop.

Sepeda motor trail menggunakan ban khusus. Via adventuriderz.com

PT Sumi Rubber Indonesia (Surindo) telah melengkapi jajaran ban sepeda motor untuk segmen off-road dengan menghadirkan seri DGX-01, setelah sebelumnya ada Geomax (MX52 dan MX35), seperti dilaporkan oleh laman Kompas.com. Seri terbaru ini dibuat khusus untuk para pebalap grasstrack dan penggemar adventure. Secara spesifikasi, ban terbaru ini bisa digunakan untuk kompetisi yang dapat digunakan pada jenis matik, bebek dan sport, tapi sudah dimodifikasi bergaya motor trail.

“Desain telapak serta alur DGX-01 diperhitungkan dengan cermat dengan penempatan jumlah blok dari tengah hingga bahu ban yang bertujuan memaksimalkan kemampuan ban pada berbagai jenis lintasan,” ungkap GM Sales Admin & Planning PT Surindo, Hendra Himawan. Menurutnya, ban DGX-01 ini sudah tersedia di 439 toko ban motor Dunlop di seluruh Indonesia. Harga yang ditawarkan memang sedikit berada di atas kompetitor, tapi kualitas diklaim jauh lebih baik dari rival di pasar.

Pemilihan ukuran ban sepeda motor trail sangat penting. Via gridoto.com

Perlu diketahui pula, pemilihan ukuran ban sepeda motor trail juga tidak kalah penting. Jika asal memilih, bisa saja ukuran ban tidak sesuai dengan velg sepeda motor, atau sepeda motor menjadi lebih tinggi maupun lebih rendah, seperti dimuat dalam laman TrialGame.id. Untuk memilih ukuran ban yang tepat, menggunakan format ukuran misalnya 80/100-12. Angka 12 adalah ukuran ring velg dengan satuan inci. Jika ukuran ini tidak sesuai dengan velg, maka ban pun tidak akan bisa dipasang.

Sedang angka 80 menunjukkan ukuran lebar roda ban dengan satuan milimeter, dan angka 100 itu menunjukkan tinggi roda ban dengan satuan millimeter juga. Jika digabung 80/100-12, artinya roda ban trail memiliki lebar 80 milimeter dengan tinggi ban 100 millimeter yang muat dipasang di velg ukuran ring 12 inchi. Nah, Cakap People kini sudah tahu kan?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Layani TBC dengan Inovasi, Perawat Berprestasi dari Gorontalo Ini Terbang ke Swiss

Ada Garis-Garis Horizontal Hitam di Kaca Belakang Mobil, Ternyata Ini Fungsinya!