in ,

Jarang Dipahami, Ternyata Begini Cara Merawat Ban Tubeless Lebih Awet

CakapCakap – Apakah Cakap People salah satu pengguna ban tubeless? Ban tubeless sendiri termasuk jenis ban yang banyak dipilih oleh para pengendara dibandingkan jenis ban dengan model biasa atau tube. Hal tersebut tidak lepas dari beragam keunggulan yang ditawarkan oleh jenis ban satu ini.

Meski demikian, penggunaan ban tubeless memerlukan perhatian khusus dari para pengendara motor. Mengutip pernyataan Muhamad Spbari, mekanik Planet Ban Bekasi pada lansiran Tempo, rajin mengecek angina pada ban tubeless jadi poin penting. Hal ini dilakukan supaya penggunaan ban tubeless bisa lebih awet dan tahan lama.

Ban sepeda motor via newsmedia.co.id

“Kalau untuk jenis ban tubeless harus rajin pengecekan angin. Kalau ingin usianya awet serta kuat harus rajin cek angina,” ujar Muhamad Sobari yang merupakan mekanik dari planet Ban Bekasi.

Muhamad Sobari juga mengatakan jika tidak ada batas maksimum penambalan untuk jenis ban tubeless jika terjadi kebocoran.

“Tergantung dari ukuran bocor. Jika bocornya di samping dan susah ditambal itu harus diganti. Kalau jumlah tambalannya sih relatif, tapi kalau terlalu banyak juga harusnya diganti,” lanjutnya.

Senada dalam menanggapi hal tersebut, Sulung yang berasal dari klinik ban juga memberi saran supaya pengendara sepeda motor melakukan pengisian ban angin ban tubeless dengan nitrogen supaya lebih awet saat digunakan.

“Kalau nitrogen anginnya murni, tidak ada uap air. Kalau angin biasa kan dari kompresor dan ada uang airnya. Kalau angin biasa bannya cepat panas juga membuat pantulan menjadi keras,” jelasnya.

Sulung juga menambahkan jika pengendara sebaiknya memperhatikan beban yang diangkut oleh sepeda motor.  Jika beban yang dibawa terlalu banyak, maka akan berpengaruh pada usia pakai dari ban yang digunakan. Beban yang terlalu berat bisa menjadikan usia penggunaan ban tersebut menjadi lebih singkat.

Penampakan ban motor via naikmotor.com

“Kalau sehari-sehari membawa beban engak terlalu berat bisa awet. Kalau beban berat bisa pengaruh ke tekanan ban dan bisa lebih cepat tipis,” papar Sulung.

Secara umum, harga dari ban tubeless memang lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis ban yang biasa. Meski demikian, ban ini memiliki beberapa keunggulan yang patut dipertimbangkan di mana salah satunya adalah ban tubeless tidak akan langsung kempes saat mengalami kebocoran. Ban ini juga memiliki waktu penambalan yang lebih singkat.

Cakap People termasuk pengguna ban tubeless? Maka perhatikan beberapa tips merawatnya agar ban tetap awet dalam waktu lama. Semakin bagus ban tentunya harus diimbangin dengan proses perawatan yang lebih meningkat juga.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

5 Bahan Dapur Rumahan Ini Ternyata Ampuh Meredakan Nyeri, Buktikan!

4 Manfaat Rahasia Ampas Kopi, Sayang Untuk Dibuang!