in ,

Ada Garis-Garis Horizontal Hitam di Kaca Belakang Mobil, Ternyata Ini Fungsinya!

CakapCakap – Jika Cakap People sering mengendarai mobil sendiri, pasti pernah melihat ada garis-garis horizontal pada kaca belakang mobilnya. Garis-garis horizontal tersebut biasa disebut dengan istilah defogger dalam dunia otomotif. Namun, masih banyak pemilik mobil yang belum mengetahui fungsi dari fitur yang tersedia pada mobil keluaran terbaru tersebut. Kebanyakan orang beranggapan kehadiran garis-garis horizontal itu hanya sebagai aksesoris atau penambah gaya eksterior mobil.

Garis-garis horizontal di kaca belakang mobil, disebut defogger, ternyata memiliki fungsi penting. Via blackxperience.com

Ternyata, fitur garis-garis horizontal pada kaca belakang mobil tersebut berfungsi untuk menangkal embun, terutama ketika sedang turun hujan dan AC tetap menyala. “Jadi pengemudi tetap dapat melihat pandangan ke luar. Karena defogger bisa menghilangkan embun,” ungkap Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong, Deni Adrian, seperti dimuat dalam laman Suara.com. Menurutnya, terjadinya pengembunan kaca mobil, karena adanya perbedaan suhu antara di dalam kabin dan di luar mobil.

Jadi dengan adanya defogger, permukaan kaca jadi panas, sehingga tidak akan timbul embun dan pengendara tetap bisa melihat jalan ke depan atau ke belakang dengan jelas. Tapi dia mengingatkan, fitur tersebut juga sewaktu-waktu bisa rusak. Makanya, menurut Deni tak ada salahnya saat servis berkala, minta kepada teknisi untuk melakukan pengecekan. “Khawatir tidak berfungsi, sehingga perlu di cek setiap 20.000 km atau selebihnya, memastikan masih berfungsi normal,” tutup Deni.

Untuk menggunakan defogger, pengemudi menekan tombol bergambar tiga panah melengkung pada dashboard mobil. Via daihatsu.co.id

Defogger pada dasarnya terbuat dari kawat tipis, berfungsi sebagai kondensator panas, sehingga suhu kaca terjaga dan embun tidak terbentuk akibat perbedaan suhu antara dalam kabin dan luar, seperti dilaporkan laman Liputan6.com. Untuk menggunakan defogger sangat mudah, cukup dengan menekan tombol bergambar tiga panah melengkung yang ada di dashboard. Keberadaan defogger dinilai bermanfaat di musim hujan. Namun demikian, fitur ini pun hanya terdapat di kaca belakang.

Meski memiliki fungsi yang baik saat hujan, namun defogger tak disarankan digunakan secara terus menerus saat cuaca panas. Penggunaannya secara terus menerus dapat membuat kaca mobil justru jadi retak, karena kaca memuai akibat perubahan suhu yang ditimbulkan garis-garis kawat tersebut. Pemakaian defogger yang tidak terkontrol juga bisa menyebabkan aki mobil cepat lemah. Ingat ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Hobi Sepeda Motor Trail? Ini Pilihan Ban Baru untuk Kendaraanmu!

Coba Bikin Camilan Modern yuk, Pocket Banana Crepes!