in

Hebat, Kepiting asal Maluku Mampu Tembus Pasar Internasional

Walaupun saat ini ekspor masih dalam volume ratusan kilogram, kepiting bakau ini telah memberikan kontribusi yang baik bagi masyarakat pesisir di daerah tersebut.

CakapCakap – Indonesia punya kekayaan yang sangat banyak, dan sudah mampu bersaing di pasar Internasional. Salah satunya yang kali ini sedang digandrungi pasar internasional adalah komoditas kepiting bakau. Kepiting bakau di Indonesia dapat ditemui di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Provinsi Maluku. Komoditas yang melimpah ini sudah bisa dinikmati penggemarnya melalui pasar negara Singapura dan Malaysia.

Kepiting Bakau dari Pulau Seram Maluku

Berdasarkan pemaparan Elvis Patiselanno, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Diseperindag) Provinsi Maluku, ekspor kepiting ini dilakukan melalui Bandara Internasional Pattimura di Ambon, dan transit melalui Jakarta sebelum akhirnya tiba di Singapura dan Malaysia. Walaupun saat ini ekspor masih dalam volume ratusan kilogram, kepiting bakau ini telah memberikan kontribusi yang baik bagi masyarakat pesisir di daerah tersebut.

Ekspor kepiting bakau ini dilakukan oleh UD Putri Desi, yang secara langsung telah memberikan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Maluku di sektor kelautan dan perikanan. Elvis selaku pimpinan UD Putri Desi menyebutkan bahwa Tiongkok juga berminat dengan komoditas kepiting bakau, namun masih belum dapat dimulai karena masih ada banyak dokumen yang perlu diselesaikan terlebih dahulu.

Kepiting Bakau dari Pulau Seram Maluku

Maluku memang sejak 8 November 2019 memiliki badan khusus di bidang komoditas ekspor, yakni Tim Peningkatan Ekspor Maluku. Tim ini diketuai oleh Asisten III Setda Maluku, Zulkifli Anwar dan beranggotakan Dinas Perindag, Bea dan Cukai, PT Pelindo, Dinas Kelautan dan Perikanan , Dinas Pertanian, Badan Karantina Ikan, PT Angkasa Pura, Bank Indonesia Perwakilan Ambon, dan pihak-pihak terkait lainnya.

Ekspor komoditas dari negeri ini memang sangat banyak, dan Cakap People perlu mendukung banyaknya komoditas Indonesia yang mampu bersaing di pasar dunia. Selain kekayaan alam, pastinya kerajinan khas Indonesia juga tidak kalah dengan produk dari negara lain. Kalian tahu apa saja komoditas dan produk asal Indonesia yang mendunia?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Menelusuri Kekayaan Indonesia dari Jalur Rempah Nusantara di Ternate Tidore

Kalahkan Bill Gates, Bernard Arnault Jadi Orang Terkaya di Dunia