in ,

Kalahkan Bill Gates, Bernard Arnault Jadi Orang Terkaya di Dunia

Untuk pertama kalinya, Bernard Arnault bergabung dengan Bill Gates dan Jeff Bezos di jajaran orang terkaya di dunia.

CakapCakapCakap People! Selama ini, Bill Gates tidak pernah berada di peringkat di bawah nomor dua dalam sejarah tujuh tahun Indeks Billionaires Bloomberg. Namun, predikat itu harus berakhir pada Selasa, 16 Juli 2019, ketika Co-founder Microsoft Corp ini jatuh ke posisi ketiga sebagai orang terkaya di dunia.

Miliarder Bernard Jean Étienne Arnault untuk pertama kalinya dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia versi Indeks Bloomberg Billionaires. Ia berhasil mengambil alih posisi Bill Gates sebagai orang terkaya kedua di dunia.

Bernard Jean Étienne Arnault. (Foto: Bloomberg)

Melansir Bloomberg, Arnault berhasil menggeser posisi Bill Gates dengan kekayaan bersih sekitar USD108 miliar. Sementara itu, jumlah kekayaan Bill Gates saat ini adalah sebesar USD107 miliar. Seperti diketahui, kekayaan bersih Bill Gates ini berasal dari kepemilikan saham Microsoft yang kurang dari 12,5 persen saja.

Kini, dengan kekayaan di atas USD100 miliar, Arnault bergabung dengan bos Microsoft Bill Gates dan Amazon.com Inc Jeff Bezos sebagai orang terkaya di dunia. Kekayaan kolektif trio ini melebihi nilai pasar individual dari hampir setiap perusahaan dalam Indeks S&P 500, termasuk Walmart Inc., Exxon Mobil Corp. dan Walt Disney Co.

Arnault adalah miliarder asal Prancis yang merupakan CEO pembuat barang mewah LVMH (LVMHF). Dia berhasil membangun LVMH menjadi pusat kekuatan global barang mewah yang mengendalikan merek-merek seperti Louis Vuitton, Christian Dior, dan Givenchy.

Data Forbes menyebut LVMH mencatat rekor penjualan dan laba pada tahun 2018. Sebagian besar pendapatannya karena peningkatan pengeluaran oleh pelanggan dari China.

Arnault tidak memiliki latar belakang sebagai pebisnis. Setelah lulus dari Lycée Maxence Van Der Meersch di Roubaix, Arnault diterima di École Polytechnique di Palaiseau dan lulus dengan gelar teknik pada tahun 1971.

Orang terkaya baru di dunia berusia 70 tahun ini mengakuisisi Financière Agache, sebuah perusahaan barang mewah. Ia pun mengambil alih perusahaan tekstil yang nyaris bangkrut bernama Boussac Saint-Frères. Itulah awal mula Arnault menguasai Christian Dior milik Boussac. Baru kemudian dia menciptakan grup LVMH, yang dihasilkan dari merger antara dua perusahaan.

Cakap People! Sekedar diketahui, Bill Gates dalam beberapa waktu terakhir aktif sebagai filantropis dan telah menyumbangkan kekayaannya lebih dari USD35 miliar untuk yayasan Bill & Melinda Gates Foundation. 

Sementara itu, kekayaan pendiri Amazon Jeff Bezos sebagai orang terkaya nomor satu di dunia ini mengalami sedikit kenaikan sebesar USD125 miliar, meski dia juga telah memberikan sejumlah kekayaannya kepada MacKenzie Bezos saat menyelesaikan perceraiannya. Hal itu menjadikan MacKenzie sebagai wanita terkaya keempat di dunia.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Hebat, Kepiting asal Maluku Mampu Tembus Pasar Internasional

50 Tahun Apollo 11, Inilah 6 Kejadian yang Nyaris Gagalkan Misi ke Bulan