in ,

Gila! 35 Tahun Teronggok di Basement, Mobil Klasik Ini Tetap Laku Rp 9 Miliar

CakapCakap – Mobil-mobil klasik memang jadi buruan para kolektor pecinta mobil. Cakap People pun pastinya tahu bahwa mereka bahkan rela menghabiskan banyak uang hanya demi mendapat mobil klasik yang sudah sangat langka. Makanya, tidak heran jika sebuah mobil tua yang sudah teronggok selama 35 tahun di sebuah basement di kota Turin, Italia, ternyata masih bisa laku hingga senilai Rp 9 miliaran. Pasalnya, mobil itu adalah Alfa Romeo Giulietta SZ yang memang sangat langka.

Mobil klasik Alfa Romeo Giulietta SZ yang terjual seharga Rp 9 miliar dalam lelang di Italia. Via jawapos.com

Para pecinta mobil klasik asal Eropa mungkin sudah tak asing lagi dengan mobil Alfa Romeo Giulietta SZ ini. Mobil ini hanya diproduksi oleh pabrikan Alfa Romeo sebanyak 217 unit dalam rentang waktu tahun 1957 hingga tahun 1962. Makanya, meskipun ditemukan terparkir dalam kondisi penuh debu selama 35 tahun, sebuah mobil Alfa Romeo Giulietta SZ tetap laku dengan harga sangat fantastis, mencapai 567 ribu euro, atau sekitar Rp 9 miliar dalam pelelangan di Italia, seperti dilaporkan oleh laman Otosia.com.

Mobil klasik itu dulunya dimiliki oleh seorang mekanik. Namun, dia tidak dapat mengeluarkan mobil tersebut dari basement, karena lift mengalami kerusakan. Sehingga, mobil Alfa Romeo Giulietta SZ itu pun dibiarkan teronggok di sana hingga puluhan tahun lamanya. Kini, sang pemiliknya pun telah lama meninggal, dan mobil itu diserahkan oleh pemerintah Italia kepada rumah lelang pada tanggal 31 Januari 2019. Oleh karena langka dan sangat dicari para kolektor, mobil itu pun laku dengan cepat.

Mobil klasik Alfa Romeo Giulietta SZ ditemukan di basement setelah teronggok penuh debu selama 35 tahun. Via topgear.com

Alfa Romeo Giulietta SZ (Sprint Zagato) sendiri merupakan varian high-performance dari deretan mobil ikonik Alfa Romeo, seperti dimuat dalam laman JPNN.com. Mobil sedan sport ini menampilkan lekukan bodi berbahan aluminium yang berdesain khas Italia dan memiliki sasis yang lebih pendek dibandingkan dengan mobil Alfa Romeo Giulietta Spider. Mobil ini pun didukung dengan mesin 4-silinder berkapasitas 1.3 liter. Dapur pacunya itu memang hanya menghasilkan tenaga 100 hp. Meski begitu, dengan bobot ringan hanya 785 kg, Alfa Romeo Giulietta SZ bisa melesat hingga 200 km/jam.

Makanya, tidak heran jika dahulu Alfa Romeo Giulietta SZ ini pun cukup banyak ambil bagian dalam beberapa ajang balap dunia. Nah, Cakap People tentu juga tak aneh lagi mengapa mobil ini mahal!

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bantu Kurangi Sampah Plastik dengan Tentakel Cumi-cumi, Kok Bisa?

Mobil Hybrid di Indonesia Ternyata Terlalu Mahal, Ini Daftar Harganya!