in ,

Generasi Millennial Wajib Tahu! Tips Memilih Olahraga Terbaik untuk Pemula

Para pemula juga disarankan untuk menggunakan personal trainer

CakapCakap – Olahraga punya banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia, terutama dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun, banyak orang yang akhirnya memilih berhenti berolahraga secara rutin dan teratur setelah baru saja mencoba dan memulainya. Cakap People mungkin juga pernah mengalaminya, salah satunya karena alasan tubuh yang terasa sakit ketika baru beberapa kali menjalani aktivitas berolahraga. Makanya, memilih olahraga terbaik sangat penting bagi pemula.

Para pemula sebaiknya memulai dengan olahraga low impact yang tidak membebani sendi, seperti yoga dan pilates. Via detik.com

Para pemula sebaiknya mencoba olahraga yang tidak membebani sendi. Oleh karena itu, personal trainer Iwan Saputra menyarankan untuk tidak memilih jenis olahraga high impact bagi para pemula, seperti yang dijelaskan dalam laman Detik.com. Hal ini dengan tujuan untuk mampu menekan risiko benturan antar sendi yang menimbulkan rasa sakit. “Misal yoga, pilates atau body balance. Sekarang juga lagi tren olahraga tersebut karena minim tekanan di lutut,” ungkap Iwan menjelaskannya detail.

Olahraga low impact sendiri dicirikan dengan perpindahan gerak yang sangat minim, di mana lebih cenderung dilakukan dalam satu posisi mulai awal hingga akhir. Selain memilih olahraga, Iwan juga menyarankan tidak ragu menantang diri sendiri sesuai kapasitas tubuh. Tantangan didasarkan pada kecenderungan tubuh yang mudah menghafal rutinitas, termasuk dalam berolahraga. Efek olahraga yang sudah dihafal tubuh akan cenderung minim dan tak lagi punya tantangan. Pola tantangan ini bisa diterapkan dengan meningkatkan intensitas atau sekadar mengubah gerakan dalam olahraga.

Meski melakukan olahraga low impact, jangan ragu untuk menantang diri sendiri dengan meningkatkan intensitas sesuai kapasitas tubuh. Via detik.com

Selain itu, Iwan juga menyarankan para pemula untuk menggunakan personal trainer, agar olahraga yang dilakukan benar-benar tepat dan sesuai dengan kemampuan tubuh. Selain itu, tantangan yang diberikan kepada tubuh juga bisa ditingkatkan dengan cara yang benar, tanpa menyebabkan cedera pada tubuh. “Oleh karena itu, saya akan menyarankan pemula menggunakan personal trainer untuk mengenali kemampuan tubuh terlebih dulu. Personal trainer akan membantu menerapkan kontrol saat olahraga. Gerakan yang dikontrol akan memberi lebih banyak manfaat,” ujarnya menambahkan.

Dengan tips dalam memilih olahraga terbaik dan paling cocok untuk para pemula, maka setidaknya akan membantu dalam menyesuaikan diri dengan jenis olahraga yang dilakukan. Dengan begitu, maka komitmen rutin dalam berolahraga pun akan bisa dijaga dengan baik. Selamat berolahraga ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Pagi Hari, Pilih Minum Kopi Atau Berolahraga?

T-800 terminator arnold schwarzenegger dark fate

Terminator T-800 di Terminator: Dark Fate Bukanlah Terminator Lama