in ,

Pagi Hari, Pilih Minum Kopi Atau Berolahraga?

Olahraga juga mampu memberi efek yang sama dengan kopi

CakapCakap – Minum kopi di pagi hari biasa jadi pilihan bagi banyak orang untuk mengawali hari. Cakap People mungkin juga ada yang punya kebiasaan minum kopi pada pagi hari. Kafein pada kopi memang mampu memberi efek memacu jantung untuk lebih semangat dalam menjalani aktivitas di hari itu, serta bebas kantuk dan lebih konsentrasi. Tapi, tidak semua orang pula bisa minum kopi, karena ada yang malah membuat jantung berdebar-debar. Nah, pilihan lain adalah olahraga pagi.

Olahraga pagi diketahui mampu memberikan efek yang sama dengan kopi. Via hellosehat.com

Olahraga pagi pun diketahui juga mampu memberikan efek yang sama dengan kopi, yaitu mengusir kantuk dan membuat otak lebih fokus dalam menjalani aktivitas, seperti yang dilaporkan oleh laman Detik.com. Sebuah artikel di Thedailybeast menyebut olahraga pagi selama 30 detik tiap kali merasa mengantuk dapat memberikan efek yang lebih manjur dibandingkan minum kopi. Makanya, banyak pula orang yang memilih olahraga pada pagi hari, ketimbang minum kopi karena memang tak cocok.

“Setiap kali saya membutuhkan energi tambahan, saya pun melakukan gerakan yang bisa menyentak kerja jantung saya hingga 70 persen dari detak maksimal per menitnya. Biasanya saya melakukan 20 burpees (push-up dan jumping jack) atau 40 kali dalam posisi push-up, mengarahkan lutut ke siku,” tulis Gregory Ferenstein dalam artikel tersebut. Dia pun menguji teorinya dengan alat bantu. Hasil pengujian pun menunjukkan bahwa kinerja kognitif otak ternyata akan meningkat 6 persen setelah mengonsumsi kafein. Namun setelah olahraga, peningkatan terpantau 12 persen atau dua kali lipat.

Berolahraga pagi hari memiliki dampak yang sangat besar bagi kesehatan mental. Via msn.com

Menurut Caleb Backe, seorang personal trainer, serta ahli kesehatan dan kebugaran untuk Maple Holistics, pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga, seperti dijelaskan dalam laman Medcom.id. Melakukan olahraga di pagi hari pun akan dapat memberikan banyak manfaat, terutama bagi tubuh. “Pada pagi hari, tubuh akan berada dalam keadaan sangat prima karena energi yang sudah terisi oleh tidur malam yang nyenyak,” ungkap Backe menjelaskan lagi pendapatnya itu.

“Berolahraga pagi hari memiliki dampak yang sangat besar bagi kesehatan mental. Berbagai macam kegiatan fisik, terutama jika dilakukan di pagi hari penting untuk kesehatan mental yang baik,” ucap Backel lagi. Menurutnya, dengan melakukan berbagai gerakan pada pagi hari, maka tubuh pun akan melepaskan bahan kimia yang berguna bagi homeostatis dan pemeliharaan yang tepat bagi tubuh. Nah, jangan lupa berolahraga pagi ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Masyarakat Parepare Nyalakan Lilin di Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun

Generasi Millennial Wajib Tahu! Tips Memilih Olahraga Terbaik untuk Pemula