in

Gampang! Ini Cara Menambah Ruang Penyimpanan di HP Android

CakapCakap – Cakap People, smartphone android menjadi salah satu benda wajib yang harus dimiliki saat ini. Keberadaan smartphone tentu sangat menguntungkan, terlebih dengan banyaknya keunggulan yang ditawarkan kepada para penggunanya dewasa ini.

Sayangnya kebanyakan dari ponsel pintar android memiliki ruang penyimpanan yang terbatas. Tak jarang para produsen memberi ruang besar tapi kenyataannya sudah dijejali dengan ragam aplikasi bawaan yang belum tentu dibutuhkan.

Semakin canggihnya teknologi dan zaman yang kian modern, kini banyak yang butuh ruang penyimpanan yang lebih besar guna menyimpan beragam dokumen, aplikasi dan lain sebagainya dalam satu smartphone. Sehingga semua ada dalam satu genggaman tangan.

Ilustrasi memori penyimpanan hp android via Pinterest.com

Sayangnya, untuk mendapatkan ruang penyimpanan tersebut kamu bisa menggunakan memori Micro SD sebagai penyimpanan tambahan pada smartphone. Penggunaan SD Card tentu sangat membantu. Terlebih, kamu juga bisa menjadikannya sebagai memori internal dalam ponsel.

Bagaimana tertarik mencobanya? Jika iya, kamu bisa melakukan beberapa cara yang berikut ini. Namun ingat, cara berikut ini direkomendasikan hanya untuk pengguna Android 9 Pie saja.

  • Langkah pertama adalah dengan cara memasukkan memori micro SD ke dalam smartphone. Selanjutnya akan muncul notifikasi SD Card. Klik set up
  • Pilihlah penyimpanan internal yang versi lama dengan cara setting > klik strorage > tap pilihan kartu > menu > pilih pengaturan penyimpanan lalu klik format as internal
  • Selanjutnya klik format SD card. Hal ini dilakukan untuk menghapus kartu yang digunakan
  • Jika kamu menggunakan android 9 Pie, kamu bisa memindahkan aplikasi kamu ke dalam SD Card dengan cara menekan move content. Selanjutnya pemindahan dokumen akan dilakukan dan tunggu hingga selesai.
Menambahkan ruang penyimpanan internal hp dengan micro SD via Papergeek.fr

Fitur yang satu ini seringkali disebut dengan adoptable storage, di mana kartu yang disimpan ke dalam smartphone akan menjadi memori internal pada ponsel tersebut. Kamu tidak perlu khawatir tentang keamanan dari penggunaan SD Card, mengingat kartu tersebut telah dienskripsi sehingga aman digunakan.

Hingga kini banyak orang yang mengalami masalah penuhnya memori internal dalam ponsel mereka. Penggunaan penyimpanan sendiri cukup beragam dengan berbagai keperluan. Tidak hanya untuk menyimpann file dokumen saja, namun juga musik hingga video kedalamnya.

Mengakali masalah penyimpanan yang terbatas, kamu bisa melakukan langkah-langkah di atas, di mana SD Card dijadikan sebagai memori utama dalam penyimpanan ponsel. Selamat mencoba ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Kreatif Tak Ketulungan, Gaun Seindah Ini Hanya Dibuat dari Limbah Kertas!

Siapa Sangka?! Imigran Iran Ini Jadi Pengusaha Mainan Terbesar di AS