in

Fakta Mengejutkan Tentang Google Play yang Tak Banyak Diketahui

CakapCakap – Cakap People, tahukah kamu saat ini Google Play ternyata sudah berusia lebih dari 10 tahun? Google Play sudah menemani seluruh ponsel pintar berbasis Android sejak 22 Oktober 2008 lalu. Saat diluncurkan, Google Play hanya menyediakan 13 aplikasi dengan jumlah pengunduh yang hanya bisa dihitung jari.

Namun sekarang, sudah ada lebih dari 2,6 juta aplikasi yang eksis di Google Play. Dibalik keberhasilan Google dan juga ponsel pintar Android, ternyata platform penyedia hampir seluruh aplikasi pada Android ini memiliki deretan fakta mengejutkan loh. Nah, buat kamu yang penasaran bisa langsung cari tahu faktanya di bawah ini!

Google Play Memiliki Jumlah Aplikasi yang Lebih Banyak Daripada Apple Store

Fakta mengejutkan Google Play via Androidpit

Tidak diragukan lagi bahwa Apple App Store merupakan kesuksesan terbesar dalam dunia aplikasi seluler untuk iPhone dan iPad, namun ternyata keberhasilan tersebut tidak sebanding dengan ponsel pintar berbasis Android.

Dilansir dari Androidauthority di tahun 2017 menunjukkan bahwa aplikasi yang diunduh kedua platform aplikasi tersebut pada waktu siang dan malam memiliki persentase 70% unduhan berasal dari Google Play. Sedangkan Apple App Store hanya mendapatkan 30% aplikasi yang terunduh.

Asia Pacific Menjadi Area Dengan Konsumen Aplikasi Terbanyak

Data Mengenai Pengguna Google Play via Android Authority
https://cdn57.androidauthority.net/wp-content/uploads/2018/10/Google-Play-Worldwide-Spend-840×385.jpg

Data lain menunjukkan bahwa, masyarakat yang tinggal di Amerika menghabiskan sebanyak US$ 6.2 miliar untuk aplikasi dan layanan di Google Play Store. Angka tersebut mungkin terlihat fantastis, tetapi jika dilihat sekali lagi, masyarakat yang tinggal di Asia Pasifik (Cina, Jepang, Korea, India, Australia, Indonesia, dll) menghabiskan sekitar US$ 11.2 Miliar untuk membayar aplikasi dalam Google Play Store.

Salah satu alasan utama pengguna di APAC menghabiskan begitu banyak uang pada Google Play Store adalah adanya tagihan operator. Dengan menggunakan tagihan operator, warga negara dapat membayar dengan kartu kredit atau debit. Bahkan di Indonesia kamu bisa membeli dengan voucher dan pulsa.

Google telah memperluas dukungan penagihan operator ke wilayah APAC pada tahun 2013 sehingga membantu perusahaan ini untuk meningkatkan pendapatan dari negara di APAC sebesar 15 persen hanya dalam satu tahun saja.

Google Play Store Adalah Mesin Uang Untuk Banyak Aplikasi

Aplikasi Premium Google Play via Greenbot
https://images.techhive.com/images/article/2015/01/googleplaystore_two-netflix-100566005-large.idge.png

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada sekitar 2,6 juta aplikasi yang diunggah pada Google Play Store. Ternyata, sebagian kecil dari aplikasi tersebut menghasilkan uang dari para pengguna.

Data yang dilansir dari Androidauthority menunjukkan bahwa lebih dari US$ 1 Juta telah dihasilkan dari Google Play Store di tahun 2017 silam. Selain itu, tahun lalu, 330 aplikasi diantaranya menghasilkan lebih dari US$ 10 juta dari Google Play Store (seperti Netflix, Spotify, dan lain-lain).

Empat Aplikasi Dengan Pengguna Terbanyak Dimiliki Oleh Perusahaan Facebook

Aplikasi Milik Perusahaan Facebook via The Times of Israel
https://static.timesofisrael.com/www/uploads/2019/03/AP_16238028225566-e1552053250386-640×400.jpg

Tentu kita sudah tahu bahwa Facebook merupakan perusahaan media sosial terbesar di dunia. Menurut data unduhan pada Google Play Store, 4 aplikasi yang menempati posisi teratas dimiliki oleh satu perusahaan, yaitu Facebook.

Dimulai dari tahun 2012 hingga Agustus 2018 lalu, aplikasi nomor satu yang paling banyak diunduh pada Google Play Store adalah Facebook. Sedangkan WhatsApp, Instagram, dan Facebook Messenger menempati urutan kedua, ketiga dan keempat.

Nah, Cakap People! Itulah sederetan fakta mengejutkan dari Google Play Store. Apakah ada fakta lain yang kamu ketahui mengenai Google Play Store?

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Ingin Cepat Laku Saat Jual Rumah? Berikut Tipsnya!

Ternyata Konsumsi Kuaci Ada Manfaatnya loh, Salah Satunya Cegah Kanker!