in ,

Electric Starter Motor Tak Bekerja? Cek Komponen Berikut!

CakapCakap – Berbekal kehadiran electric starter maka kita jadi snagat diuntungkan Cakap People. Sebab tak perlu lagi menggunakan kick starter. Hanya dengan menekan tombol maka motor sudah bisa menyala. Kendati demikian, electric starter juga bisa mengalami masalah loh! Jika sudah demikian, pasti kamu akan merasa cukup geram.

Apabila ada masalah pada electric starter umumnya orang langsung memprediksi jika komponen aki bermasalah. Padahal jika electric starter tak berfungsi maka ada beberapa komponen yang jadi pemicunya dan tidak melulu komponen aki yang bermasalah. Maka dari itu, jika memang electric starter tidak berfungsi maka periksa beberapa komponen berikut!

1. Bendik

Komponen ini perlu diperiksa jika electric starter tidak nyala via Gridoto.com

Ada yang tahu untuk apa komponen bendik ini? Ia berguna sebagai pemicu aliran listrik dari api yang nanti akan dijadikan umpan menuju dynamo starter. Apabila komponen berikut rusak maka sudah pasti arus listrik tak akan bisa melalui dynamo starter. Sehingga mesin tidak akan menyala. Supaya bisa memastikan kondisi bendik maka dengarkan bunyi komponen berikut. Apabila switch starter sudah ditekan namun tidak ada respon atau suara dari bendik maka kamu perlu curiga jika ada masalah pada komponen yang satu ini.

2. Switch Starter

Punya jalur ke sambungan listrik via Hondacengkareng.com

Berikut merupakan komponen yang berguna sebagai saklar elektromagnetik guna menyambung serta memutus arus listrik. Di kala electric starter tak berfungsi, maka periksa terlebih dahulu bagian berikut. Bagaimana caranya? Dengan menyambungkan kabel antara switch starter. Apabila timbul bunyi seperti cekrek-cekrek atau berfungsi maka artinya komponen switch starter dalam kondisi kotor atau rusak sehingga perlu dibersihkan.

3. Dynamo starter

Selalu cek kondisinya via Multisparepart.com

Komponen berupa dynamo starter ini termasuk yang paling langka untuk mengalami kerusakan. Sebab ia termasuk komponen yang terbilang aman. Umumnya dynamo starter bisa rusak karena adanya arang kumparan atau brush yang gosong maupun terputus akibat konslet atau yang lainnya. Ingin mengecek apakah dynamo strater dalam kondisi baik atau tidak? Kamu bisa mengecek dengan melihat reaksinya kala switch starter ditekan dalam keadaan on.

Itu dia beberapa komponen yang bisa Cakap People cek di kala electric strater tak mau menyala. Jadi jangan buru-buru menyimpulkan jika electric starter tak menyala pasti akinya yang soak. Sebab sejatinya ada komponen lain yang perlu kamu cek.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Berikut Tips Cegah Cedera Saat Yoga untuk Pemula!

Juru Parkir Ini Berikan Separuh Gajinya Demi Anjing dan Kucing Liar