in ,

Bikin Takjil Bubur Candil Ubi Kuning yuk, Ini Resepnya!

CakapCakap – Berbuka merupakan saat yang paling dinantikan oleh umat muslim yang menjalani ibadah puasa. Biasanya agenda berbuka puasa sangat identik dengan aneka takjil yang punya sensasi rasa manis. Sebenarnya Cakap People bisa membuat sendiri takjil di rumah loh! Umumnya takjil yang dibuat sendiri bisa lebih sehat.

Nah, jika kamu perlu referensi takjil untuk berbuka puasa kali ini maka ada resep bubur candil ubi kuning yang dapat kamu coba. Kira-kira apa saja ya resep bubur takjil yang mudah namun punya cita rasa lezat ini? Temukan jawabannya di ulasan berikut ini yuk!

Bahan-bahan

Dibuat dari ubi kuning via Mancingmania.com

Jenis bubur ini menggunakan ubi sebagai bahannya. Mengapa harus ubi? Sebab ia memiliki aneka manfaat yang baik bagi tubuh, seperti melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan sistem imun hingga memberikan energi untuk tubuh. untuk membuat bubur candil ubi kuning, maka berikut bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

  • Tepung kanji atau tapioka 6 sendok makan
  • Ubi berukuran sedang 2 buah, kupas kulitnya
  • Daun pandan sesuai kebutuhan, ikat simpul
  • Air 500 ml
  • Garam
  • Gula merah 6 sendok makan, kerok
  • Santan 100 ml
  • Gula pasir 1 sendok makan

Cara membuat

Bubur candil ubi kuning kuah santan via Doyanresep.com

Untuk membuatnya cukup mudah, begini caranya!

  1. Mula-mula rebus ubi yang telah dikupas sampai matang. Kemudian angkat dan tiriskan. Haluskan ubi memakai garpu sewaktu masih panas agar punya tekstur yang empuk.
  2. Padukan ubi yang sudah halus dengan tepung kanji. Lalu uleni dengan adonan candil, bentuk bulat seperti kelereng.
  3. Masak kuah dengan merebus air bersama daun pandan, gula pasir serta gula merah. Kemudian masak sampai mendidih. Selanjutnya larutkan tepung kanji dengan air.
  4. Lalu masukkan bola-bola candil ke dalam kuahnya dan masak sampai mengapung. Berikan tambahan berupa larutan tepung kanji ke dalam kuah yang sudah diisi oleh candil dan aduk sampai rata.
  5. Berikan santan, sejumput garam serta pandan. Aduk rata sampai mendidih, matikan api. Lalu hidangkan bubur candil dengan kuah santan.

Tak sulit bukan Cakap People? Kamu bisa mencoba resep ini di rumah. Selain lezat, ternyata ubi juga punya manfaat bagi tubuh yang sangat sayang untuk diabaikan. Selamat mencoba ya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Game of Thrones: Inilah Deretan Karakter yang Masih Hidup

Samurai Afrika: Warisan Abadi Yasuke, Prajurit Kulit Hitam di Jepang yang Feodal