in ,

Berikut Tips Supaya Kolang-kaling Tak Terasa Asam!

CakapCakap – Kolang-kaling merupakan salah satu makanan yang seolah wajib hadir di setiap bulan Ramadhan. Ia senantiasa disajikan dalam bentuk kolak hingga dikemas dengan aneka macam es yang menyegarkan. Apa Cakap People salah satu pencinta kolang-kaling? Kendati punya tekstur yang kenyal sehingga cocok dikreasikan dalam beberapa menu, namun mengolah kolang-kaling juga bukan hal yang mudah.

Sebab kesulitan mengolah kolang-kaling yang paling sering ditemukan ialah masih adanya sensasi rasa kecut atau asam. Tentu saja jika demikian maka perpaduan kolang-kaling dengan bahan lain akan kurang sempurna. Nah, supaya kolang-kaling hilang rasa asamnya maka kamu bisa mengikuti tips berikut ini!

1. Direndam dengan air bekas cucian beras

Tips hilangkan lendir dan bau asam pada kolang-kaling via Dapurdian580750562.wordpress.com

Kolang-kaling terasa asam dan berlendir? Maka kamu bisa mengatasinya dengan cara yang satu ini. Rendam kolang kaling bersama air bekas cucian beras selama kurang lebih 30 sampai 1 jam. Lama waktu merendam tergantung pada banyaknya lendir dan tingkat keasaman bahan makanan tersebut. Apabila sudah terdapat gelembung yang muncul di atas permukaan air beras, maka kamu dapat mencuci kolang-kaling pakai air biasa dengan bersih.

2. Rebus pakai air gula

Coba rebus bersama daun aromatik atau gula via Nakita.grid.id

Kamu bisa merebus kolang-kaling menggunakan air biasa guna menghilangkan lendir beserta rasa asamnya. Namun jika cara tersebut tak kunjung berhasil, maka rebus saja kolang-kaling bersama air gula. Tak hanya menghilangkan sensasi rasa asam, kolang-kaling pun juga akan terasa lebih legit. Apabila ingin mengolahnya maka jangan terlalu banyak menambahkan gula sebab kolang-kaling telah memiliki cita rasa manis lantaran direbus dengan air gula.

3. Cuci pakai air mengalir

Tiriskan kolang-kaling usai dicuci via Amandachastity.mycakeprojects.com

Penyebab umum yang mengakibatkan kolang-kaling punya rasa asam ialah lantaran air rendamannya yang telah terlampau lama tidak diganti. Maka dari itu, usai membeli kolang-kaling maka langsung cuci bersih dan buang air rendaman sebelumnya. Kamu dianjurkan untuk mencuci bersih pada air mengalir. Proses pencucian ini pun harus berulang kali sampai lendir di kolang-kaling menghilang. Jika sudah benar-benar bersih, maka kamu dapat meniriskan kolang-kaling untuk selanjutnya diolah.

Itulah beberapa cara mudah yang dapat Cakap People lakukan untuk menghilangkan lendir serta rasa asam pada kolang-kaling. Selain itu, kamu juga dapat merebus kolang-kaling dengan dedaunan yang punya aroma kuat, sebut saja daun jeruk hingga daun pandan. Daun-daun yang memiliki aroma harum tersebut akan membasmi rasa asam pada kolang-kaling.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Maskapai Penerbangan Internasional Ini Berlakukan Kebijakan Khusus Selama Ramadhan

Wow! Australia Habiskan Rp5 Miliar Demi Pasokan Indomie di Penjara